STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN PESERTA DIDIK DI MTsN 4 TULUNGAGUNG

ALI MA’RUF, 17201163463 (2020) STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN PESERTA DIDIK DI MTsN 4 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (7MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (423kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (233kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (262kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (423kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (197kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (299kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (357kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (177kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (243kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur‟an Peserta Didik di MTsN 4 Tulungagung Tahun Ajaran 2019- 2020”, ini ditulis oleh Ali Ma‟ruf, NIM. 17201163463, Pembimbing: Dr. H. Syamsun Ni‟am, M.Ag. Kata Kunci: Strategi, Guru, Kemampuan Membaca Al-Qur‟an Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh begitu pentingnya belajar Al-Qur‟an karena Al-Qur‟an berisi petunjuk bagi manusia dalam menjalani kehidupan sehari-hari, namun pada realitanya pada saat ini banyak peserta didik lulusan sekolah dasar bahkan lulusan sekolah menengah yang masih belum lancar membaca Al-Qur‟an bahkan buta huruf belum bisa membaca Al Qur‟an sedangkan membaca Al-Qur‟an bernilai ibadah bagi seorang muslim. Maka dari itu, sekarang banyak lembaga pendidikan islam yang berusaha menciptakan lulusan yang berkualitas baik dalam bidang umum maupun bidang keislaman. Seperti yang diterapkan di MTsN 4 Tulungagung yang mempunyai program-program untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur‟an. Oleh karena itu, peran pendidik sangat diperlukan dalam mengenalkan Al-Qur‟an dan juga meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur‟an sebagai bekal kehidupan bermasyarakat dan beragama. Fokus penelitian dalam skrispi ini adalah: 1) Bagaimana strategi guru dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur‟an di MTsN 4 Tulungagung?. 2) Bagaimana hambatan strategi guru dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur‟an peserta didik di MTsN 4 Tulungagung?. 3) Bagaimana solusi atas hambatan strategi guru dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur‟an peserta didik di MTsN 4 Tulungagung? Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui strategi guru dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur‟an di MTsN 4 Tulungagung. 2) Untuk mengetahui hambatan strategi guru dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur‟an peserta didik di MTsN 4 Tulungagung. 3) Untuk mengetahui solusi atas hambatan strategi guru dalam meningkatkan kemampuan membaca Al Qur‟an peserta didik di MTsN 4 Tulungagung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Dalam penelitian ini, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan/verifikasi. Teknik pengecekan keabsahan data dalam penelitian adalah triangulasi dan instrumen penelitian. Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Strategi guru dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur‟an melalui program bengkel baca Al-Qur‟an, program tartil dan program tahfid. 2) Hambatan strategi guru dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur‟an yaitu guru yang tidak hadir, kurangnyakesadaran peserta didik, peserta didik datang terlambat, peserta didik ramai waktu mengaji. 3) Solusi atas hambatan strategi guru dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur‟an yaitu menjadwal guru yang ada di kelas bengkel baca Al Qur‟an, tidak hanya satu guru yang ada di kelas kelas bengkel baca Al-Qur‟an, memberi hukuman kepada peserta didik yang datang terlambat, menegur peserta didik yang tidak datang ke kelas bengkel baca Al-Qur‟an, guru yang mengajar pada jam pertama datang lebih awal.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201163463 ALI MA’RUF
Date Deposited: 14 Sep 2020 07:15
Last Modified: 14 Sep 2020 07:15
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/16525

Actions (login required)

View Item View Item