KREATIVITAS GURU FIKIH DALAM PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS VIII DI MTsN 7 TULUNGAGUNG

KAROMATUNNISA, 17201163283 (2020) KREATIVITAS GURU FIKIH DALAM PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS VIII DI MTsN 7 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (307kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (92kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (314kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (769kB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (301kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (285kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (94kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (235kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi “Kreatifitas Guru Fikih Dalam Penggunaan Media Pembelajaran Pada Siswa Kelas VIII di MTsN 7 Tulungagung” ini ditulis oleh Karomatunnisa, NIM. 17201163283 Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri Tulungagung , Pembimbing: Dr. Kutbuddin Aibak, S.Ag., M.H.I Kata kunci: Kreativitas Guru, media pembelajaran Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya media pembelajaran dalam proses pendidikan yaitu sebagai perantara penyampai pesan sehingga dapat diterima dengan baik oleh siswa dan mampu meningkatkan motivasi belajarnya. Selain itu perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi semakin mendorong upaya-upaya pembaharuan dalam pemanfaatan hasil-hasil teknologi dalam proses belajar, dan tidak tertutup kemungkinan bahwa media harus disesuaikan dengan perkembangan dan tuntutan zaman. Karena dukungan media yang tepat, tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan baik pula. Oleh karena itu, sebuah media pembelajaran akan mempengaruhi sampai tidaknya suatu informasi secara lengkap dan tepat sasaran, serta mempengaruhi hasil akhir dari proses pembelajaran tersebut. Sebaliknya penggunaan media yang kurang tepat menjadi salah satu faktor pemicu kesulitan belajar pada siswa di sekolah. Dalam hal ini guru Fikih harus memiliki kreativitas dalam menggunakan media pembelajaran baik itu visual maupun audiovisual, menyediakan dan menggunakan variasi media pembelajaran yang sesuai dengan materi agar siswa lebih efektif dan efisien dalam belajar. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimanakah kreatifitas guru Fikih dalam penggunaan media pembelajaran visual pada siswa kelas VIII di MTsN 7 Tulungagung? (2) Bagaimanakah kreatifitas guru Fikih dalam penggunaan media pembelajaran audiovisual pada siswa kelas VIII di MTsN 7 Tulungagung? (3) Bagaimanakah faktor penghambat kreativitas guru fikih dalam penggunaan media pembelajaran visual dan audiovisual pada siswa kelas VIII di MTsN 7 Tulungagung?. Penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Sumber data yang digunakan yaitu primer dan sekunder. Peneliti menggunakan metode wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Selanjutnya analisis data yang digunakan yaitu reduksi, penyajian data atau display dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan kepercayaan (Kreadibility), keteralihan (transferability), kebergantungan (dependablity), kepastian (confirmability). Hasil dari penelitian ini bahwa: (1 ) kreatifitas guru Fikih dalam penggunaan media pembelajaran visual pada siswa kelas VIII di MTsN 7 Tulungagung terdiri dari PPT, papan tulis, gambar peta konsep, LKS, properti, dan handphone digunakan saat pembelajaran E-learning dengan aplikasi google classroom. Dalam mengembangkan kreativitas seorang guru harus memperbanyak literasi serta adanya pelatihan dalam penyusunan perangkat pembelajaran, media visual dari pemaparan memiliki kelebihan dan kekurangan, guru fikih juga memiliki keunikan tersendiri dalam penggunaan media visual (2) kreatifitas guru Fikih dalam penggunaan media pembelajaran audiovisual pada siswa kelas VIII di MTsN 7 Tulungagung terdiri dari video yang ditampilkan dalam LCD proyektor dan didukung oleh perangkat pengeras suara. Penggunaan media audiovisual memiliki langkah-langkah dalam penerapanya agar maksimal terdiri dari persiapan, pelaksanaan dan tindak lanjut atau evaluasi. Media audiovisual juga memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Dalam penggunaan media seorang guru harus menguasi media tersebut dan akrab dalam penyampaian materi. Penggunaan kedua media tersebut juga didasarkan atas karakteristik siswa, sarana prasarana yang mendukung dan karakteristik materi itu sendiri. (3) Faktor penghambat kreativitas guru fikih dalam penggunaan media pembelajaran visual dan audiovisual pada siswa kelas VIII di MTsN 7 Tulungagung dikarenakan Banyaknya kegiatan yang berjalan secara bersamaan, kendala oleh listrik seperti mati lampu, kurang menguasai cara penggunaan media, dana

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201163283 KAROMATUNNISA
Date Deposited: 14 Sep 2020 06:56
Last Modified: 14 Sep 2020 06:56
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/16523

Actions (login required)

View Item View Item