PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF IPS PESERTA DIDIK KELAS V DI MI TARBIYATUSSIBYAN TANJUNG KALIDAWIR TULUNGAGUNG

NUR LAILY WAHYUNINGSIH, 17205163059 (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF IPS PESERTA DIDIK KELAS V DI MI TARBIYATUSSIBYAN TANJUNG KALIDAWIR TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (910kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (396kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (83kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (423kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (366kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (403kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (509kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (341kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (196kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (185kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Kognitif IPS Peserta Didik Kelas V di MI Tarbiyatussibyan Tanjung Kalidawir Tulungagung” ini ditulis oleh Nur Laily Wahyuningsih, NIM 17205163059, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung, Pembimbing Drs. H. Jani, MM, M.Pd. Kata kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD), Motivasi, Hasil Belajar. Penelitian ini dilatar belakangi oleh proses pembelajaran peserta didik pada mata pelajaran IPS yang mengalami hambatan salah satunya yaitu kurangnya model pembelajaran variatif dalam proses pembelajaran karena dalam proses pembelajaran masih menggunakan model konvensional seperti ceramah, sehingga peserta didik cenderung bosan saat kegiatan pembelajaran dan kurang maksimal dalam menerima materi. Oleh sebab itu, diperlukan sebuah variasi dalam pembelajaran yang dapat mengaktifkan peserta didik agar termotivasi dalam proses pembelajaran dan memperoleh hasil belajar yang lebih baik, yaitu melalui model pembelajaran kooperatif tipe student teams achievement division (STAD). Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Adakah pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) terhadap motivasi belajar IPS peserta didik kelas V di MI Tarbiyatussibyan Tanjung Kalidawir tahun ajaran 2019/2020?, (2) Adakah pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) terhadap hasil belajar kognitif IPS peserta didik kelas V di MI Tarbiyatussibyan Tanjung Kalidawir tahun ajaran 2019/2020?, (3) Adakah pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division Division (STAD) terhadap motivasi dan hasil belajar kognitif IPS peserta didik kelas V di MI Tarbiyatussibyan Tanjung Kalidawir tahun ajaran 2019/2020?. Adapun yang menjadi tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) terhadap motivasi belajar IPS peserta didik kelas V MI Tarbiyatussibyan Tajung Kalidawir Tulungagung tahun ajaran 2019/2020, (2) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) terhadap hasil belajar kognitif IPS peserta didik kelas V MI Tarbiyatussibyan Tajung Kalidawir Tulungagung tahun ajaran 2019/2020, (3) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) terhadap motivasi dan hasil belajar kognitif IPS peserta didik kelas V MI Tarbiyatussibyan Tajung Kalidawir Tulungagung tahun ajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Pre Experimental Design. Populasi dalam penelitian adalah peserta didik kelas V MI Tarbiyatussibyan Tulungagung. Teknik pengambilan sampel dilakukandengan sampling jenuh. Sampel yang diambil yaitu peserta didik kelas V-A dan V-B. Instrumen penelitian menggunakan angket dan tes sementara teknik pengumpulan data menggunakan angket, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji MANOVA dengan uji validitas dan reliabilitas sebagai uji instrumen dan uji homogenitas dan normalitas sebagai uji prasyarat hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif tipe student team achievement division (STAD) terhadap motivasi belajar IPS, dengan diperoleh nilai Sig. 0,000. Nilai Sig. < 0,05 maka H0 ditolak dan Hα diterima, (2) ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif tipe student team achievement division (STAD) terhadap hasil belajar kognitif IPS, dengan diperoleh nilai Sig. 0,000. Nilai Sig. < 0,05 maka H0 ditolak dan Hα diterima, (3) ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif tipe student team achievement division (STAD) terhadap motivasi dan hasil belajar kognitif IPS, dengan diperoleh nilai Sig. 0,000. Nilai Sig. < 0,05 maka H0 ditolak dan Hα diterima.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: PENGARUH M 17205163059 Nur Laily Wahyuningsih
Date Deposited: 14 Sep 2020 06:32
Last Modified: 14 Sep 2020 06:32
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/16511

Actions (login required)

View Item View Item