Pengaruh Atribut Produk dan Penerapan Nilai Islam Terhadap Loyalitas Nasabah BNI Syariah KCP Tulungagung

Sari, Sonya Ika Nurita (2014) Pengaruh Atribut Produk dan Penerapan Nilai Islam Terhadap Loyalitas Nasabah BNI Syariah KCP Tulungagung. [ Skripsi ]

[img] Text
halaman awal.doc

Download (479kB)
[img] Text
BAB I.doc

Download (101kB)
[img] Text
BAB II,.doc

Download (155kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (57kB)
[img] Text
BAB IV, V.doc

Download (418kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.doc

Download (51kB)
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id

Abstract

Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh dengan banyaknya lembaga keungan syariah yang bermunculan dan semakin banyaknya bank syariah yang melayani jasa keuangan sekaligus memenuhi kebutuhan masyarakat yang semakin beragam. Dengan banyaknya perbankan syariah saat ini, tak lepas dari tudingan yang menyatakan bahwa perbankan syariah adalah bank konvensional yang hanya dibubuhi label syariah. Namun, dewasa ini bank syariah selalu berupaya menerapkan nilai-nilai Islam yang yang didasarkan pada prinsip syariah yang tercermin pada produk-produk perbankan syariah. Melihat upaya bank syariah, apakah nantinya kedua faktor tersebut mempengaruhi keloyalitasan nasabah, karena loyalitas nasabah adalah sumber keuntungan suatu perusahaan khususnya perbankan syariah. Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah (1) Apakah atribut produk berpengaruh terhadap loyalitas nasabah BNI Syariah KCP Tulungagung? (2) Apakah penerapan nilai Islam berpengaruh terhadap loyalitas nasabah BNI Syariah KCP Tulungagung?. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengukur pengaruh dari atribut produk dan penerapan nilai Islam terhadap loyalitas nasabah BNI Syariah KCP Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampelnya diambil secara purposive sampling sebanyak 60 nasabah. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dari penyebaran angket, dokumentasi dan interview. Angket digunakan untuk memperoleh data tentang atribut produk, penerapan nilai Islam dan loyalitas nasabah, sedangkan dokumentasi dan interview digunakan untuk menggali data tentang populasi, profil lembaga dan struktur organisasi BNI Syariah KCP Tulungagung. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan uji validitas dan reliabiitas, uji normalitas, uji regresi berganda, dan uji hipotesis. Dari hasil analisis, secara bersama-sama dengan tingkat signifikansi 5% menunjukkan variabel atribut produk dan penerapan nilai Islam berpengaruh secara signifikan terhadap variabel loyalitas nasabah pada BNI Syariah KCP Tulungagung. Adapun secara parsial variabel atribut produk positif dan berpengaruh signifikan terhadap variabel loyalitas nasabah, sedangkan penerapan nilai Islam negatif dan tidak berpengaruh siginifikan terhadap variabel loyalitas nasabah. Kata Kunci: Atribut Produk, Nilai Islam, Loyalitas nasabah

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 13 Nov 2014 04:09
Last Modified: 13 Nov 2014 04:09
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/165

Actions (login required)

View Item View Item