KOMPETENSI GURU DALAM MENGADAKAN VARIASI PEMBELAJARAN TEMATIK KURIKULUM 2013 DI KELAS RENDAH MADRASAH IBTIDAIYAH PLUS SABILUL MUHTADIN PAKISREJO REJOTANGAN TULUNGAGUNG

DEWI MAS ULATUL ULFA, 17205163289 (2020) KOMPETENSI GURU DALAM MENGADAKAN VARIASI PEMBELAJARAN TEMATIK KURIKULUM 2013 DI KELAS RENDAH MADRASAH IBTIDAIYAH PLUS SABILUL MUHTADIN PAKISREJO REJOTANGAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (476kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (263kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (531kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (549kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (407kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (690kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (376kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (154kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (360kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Kompetensi Guru dalam Mengadakan Variasi Pembelajaran Tematik Kurikulum 2013 di Kelas Rendah MI Plus Sabilul Muhtadin Pakisrejo Rejotangan Tulungagung” ini ditulis oleh Dewi Mas Ulatul Ulfa, NIM. 17205163289, Pembimbing Dr. Hj. Chusnul Chotimah, M.Ag. Kata Kunci: Kompetensi Guru, Variasi Pembelajaran, Tematik Kurikulum 2013. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa guru di MI Plus Sabilul Muhtadin Pakisrejo Rejotangan Tulungagung belum menerapkan keterampilan dasar mengajar secara tepat khususnya dalam mengadakan variasi pembelajaran. Sehingga berpengaruh pada jalannya proses pembelajaran yang menyebabkan hasil belajar kurang optimal. Selain itu, siswa kurang dapat memahami proses pembelajaran yang berlangsung karena pembelajaran kurang bervariasi cenderung membosankan. Sesuai hal tersebut, menjadikan alasan peneliti untuk mengetahui kemampuan guru dalam mengadakan variasi pembelajaran sebagai solusi alternatif pemecahan masalah dalam menghadapi masalah pembelajaran. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana kompetensi guru dalam mengadakan variasi gaya mengajar pembelajaran tematik Kurikulum 2013 di kelas rendah MI Plus Sabilul Muhtadin Pakisrejo Rejotangan Tulungagung? (2) Bagaimana kompetensi guru dalam mengadakan variasi penggunaan media pembelajaran tematik Kurikulum 2013 di kelas rendah MI Plus Sabilul Muhtadin Pakisrejo Rejotangan Tulungagung? (3) Bagaimana kompetensi guru dalam mengadakan variasi penggunaan bahan ajar pembelajaran tematik Kurikulum 2013 di kelas rendah MI Plus Sabilul Muhtadin Pakisrejo Rejotangan Tulungagung? (4) Bagaimana kompetensi guru dalam mengadakan variasi pola interaksi kegiatan pembelajaran tematik Kurikulum 2013 di kelas rendah MI Plus Sabilul Muhtadin Pakisrejo Rejotangan Tulungagung?. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif untuk menganalisis data-data berupa kalimat atau kata. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan pengujian credibility, pengujian transferability, pengujian dependability, dan pengujian confirmability. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Variasi gaya mengajar pembelajaran tematik Kurikulum 2013 di kelas rendah MI Plus Sabilul Muhtadin Pakisrejo Rejotangan Tulungagung dalam bentuk visualisasi, auditorisasi, dan kinestetika yakni, variasi suara; memusatkan perhatian siswa; gerakan badan dan mimik; dan mengubah posisi dengan bergerak. (2) Variasi penggunaan media pembelajaran tematik Kurikulum 2013 di kelas rendah MI Plus Sabilul Muhtadin Pakisrejo Rejotangan Tulungagung adalah guru memanfaatkan media pembelajaran dalam jenis media pandang (visual aids) dan media dengar (auditif aids) (3) Variasi penggunaan bahan ajar pembelajaran tematik Kurikulum 2013 di kelas rendah MI Plus Sabilul Muhtadin Pakisrejo Rejotangan Tulungagung adalah guru menggunakan variasi bahan ajar multi reference berupa: LKS, buku paket pegangan guru, dan buku paket siswa. (4) Variasi pola interaksi kegiatan pembelajaran tematik Kurikulum 2013 di kelas rendah MI Plus Sabilul Muhtadin Pakisrejo Rejotangan Tulungagung yaitu guru mengupayakan mengadakan pola interaksi dalam bentuk klasikal, kelompok kecil, berpasangan, dan perseorangan sesuai keperluan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 17205163289 DEWI MAS ULATUL ULFA
Date Deposited: 11 Sep 2020 07:04
Last Modified: 11 Sep 2020 07:04
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/16480

Actions (login required)

View Item View Item