MANAJEMEN PERPUSTAKAAN DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA PESERTA DIDIK DI SMAN 2 TRENGGALEK

INDRI DWI RATNASARI, 17207163077 (2020) MANAJEMEN PERPUSTAKAAN DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA PESERTA DIDIK DI SMAN 2 TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (990kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (338kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (40kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (511kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (495kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (459kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (548kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (433kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (123kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (330kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Manajemen Perpustakaan dalam Meningkatkan Minat Baca Peserta Didik di SMAN 2 Trenggalek” ini ditulis oleh Indri Dwi Ratnasari, NIM. 17207163077, Jurusan Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, pembimbing Luluk Indarti, M.Pd.I., NIDN. 2008057804. Kata Kunci: Manajemen Perpustakaan, Minat Baca, Peserta Didik. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena perkembangan pendidikan yang semakin maju. Sehingga lembaga pendidikan dituntut untuk mampu mengembangkan mutu pendidikannya. Dalam memenuhi tuntutan tersebut, maka harus memaksimalkan pengelolaan lembaga pendidikan untuk penunjang kegiatan pembelajaran di sekolah, salah satunya yaitu pengembangan manajemen perpustakaan sekolah. Perpustakaan memiliki peran penting dalam proses pembelajaran bagi peserta didik di sekolah, terutama dalam pengembangan minat baca peserta didik. Dari latarbelakang tersebut, menjadi alasan peneliti menganggat penelitian ini. Fokus pada penelitian ini adalah (1) Bagaimana pengorganisasian perpustakaan SMAN 2 Trenggalek? (2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat manajemen perpustakaan dalam meningkatkan minat baca peserta didik di SMAN 2 Trenggalek? (3) Bagaimana upaya mengatasi hambatan manajemen perpustakaan dalam meningkatkan minat baca peserta didik di SMAN 2 Trenggalek?. Adapun tujuan penelitian ini antara lain: (1) Untuk mengetahui pengorganisasian perpustakaan SMAN 2 Trenggalek (2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat manajemen perpustakaan dalam meningkatkan minat baca peserta didik di SMAN 2 Trenggalek (3) Untuk mengetahui upaya mengatasi hambatan manajemen perpustakaan dalam meningkatkan minat baca peserta didik di SMAN 2 trenggalek. Dalam penelitian ini penulis menggunakan penelitian kualitatif. Data dikumpulkan menggunakan teknik observasi patisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi terkait keadaan perpustakaan dan wawancara kepada informan. Teknik analisis data terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan cara perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan trianggulasi. Karena data yang diperoleh dari penelitian ini akan dikumpulkan dan diketahui kebenarannya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pada proses pengorganisasian perpustakaan di SMAN 2 Trenggalek ada beberapa hal yang diperhatikan meliputi penentuan tenaga perpustakaan, pembagian kerja (job description), struktur organisasi perpustakaan, dan pendelegasian wewenang. (2) Faktor pendukung manajemen perpustakaan dalam meningkatkan minat baca peserta didik di SMAN 2 Trenggalek yaitu pengelolaan sarana dan prasarana perpustakaan yang baik, pengelolaan bahan pustaka dengan penyediaan buku bacaan, layanan terbuka yang diberikan perpustakaan kepada pengunjung, dan mengadakan kegiatan perpustakaan sehingga dengan adanya hal tersebut tingkat pengunjung naik 5% dari tahun sebelumnya. Sedangkan faktor penghambat pada manajemen perpustakaan di SMAN 2 Trenggalek yaitu sarana dan prasarana yang belum terpenuhi, belum terdapat tenaga perpustakaan dari lulusan jurusan perpustakaan, kurangnya kesadaran peserta didik akan pentingnya membaca di perpustakaan, dan kurangnya anggaran dana untuk pengembangan perpustakaan. (3) Upaya mengatasi hambatan manajemen perpustakaan dalam meningkatkan minat baca peserta didik di SMAN 2 Trenggalek yaitu peningkatan kinerja pengelola perpustakaan, sosialisasi dan promosi serta pembinaan minat baca kepada peserta didik, meningkatkan pengelolaan sarana dan prasarana perpustakaan dengan pemenuhan fasilitas yang belum ada, dan peningkatan pencapaian visi dan misi perpustakaan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah
Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 17207163077 INDRI DWI RATNASARI
Date Deposited: 11 Sep 2020 06:42
Last Modified: 11 Sep 2020 06:42
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/16475

Actions (login required)

View Item View Item