PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF IPA PESERTA DIDIK KELAS IV DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 2 BLITAR

NUR LATIFATUL KHOIRIYAH, 17205163171 (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF IPA PESERTA DIDIK KELAS IV DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 2 BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (588kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (531kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (529kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (465kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (813kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (300kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (262kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (409kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) terhadap Minat dan Hasil Belajar Kognitif IPA Peserta Didik Kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Blitar” ini ditulis oleh Nur Latifatul Khoiriyah, NIM 17205163171, pembimbing Musrikah, M.Pd. Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT), Minat Belajar, Hasil Belajar Penelitian dalam skripsi ini membahas tentang pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) terhadap minat dan hasil belajar kognitif peserta didik. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya minat dan hasil belajar yang diperoleh peserta didik. Hal ini dikarenakan peserta didik kurang aktif dalam pembelajaran, merasa cepat bosan, cenderung menerima pelajaran daripada menemukan sendiri, dan kurang tertarik mengikuti pembelajaran, sehingga pencapaian hasil belajar kurang maksimal. Banyak sekali model pembelajaran yang dapat merangsang peserta didik aktif dalam pembelajaran. Salah satunya yaitu model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT), dimana pembelajaran ini melibatkan seluruh aktivitas peserta didik dan bersifat menyenangkan. Tujuan penelitian ini adalah, 1) untuk mengetahui adakah pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) secara signifikan terhadap minat belajar IPA peserta didik kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Blitar, 2) untuk mengetahui adakah pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) secara signifikan terhadap hasil belajar kognitif IPA peserta didik kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Blitar, 3) untuk mengetahui adakah pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) secara signifikan terhadap minat dan hasil belajar kognitif IPA peserta didik kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitiannya pre-eksperimental design. Menggunakan teknik sampling propability sampling dengan jenis teknik random sampling. Populasinya merupakan peserta didik kelas IV madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Blitar dengan jumlah 66 peserta didik yang terdiri dari 3 kelas. Sampel yang digunakan adalah kelas IV A sebagai kelas kontrol dan kelas IV B sebagai kelas eksperimen. Metode pengumpulan data menggunakan angket, tes, dan dokumentasi. Uji analisis datanya menggunakan uji MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1) ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) terhadap minat belajar pada mata pelajaran IPA peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Blitar. Hal ini berdasarkan pengujian hipotesis dengan nilai Sig. 0,000 sehingga 0,000 ≤ 0,05. 2) ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) terhadap hasil belajar pada mata pelajaran IPA peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Blitar. Hal ini berdasarkan pengujian hipotesis dengan nilai Sig. 0,000sehingga 0,000 ≤ 0,05. 3) ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) terhadap minat dan hasil belajar pada mata pelajaran IPA peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Blitar. Hal ini berdasarkan pengujian hipotesis dengan nilai Sig. 0,000 sehingga 0,000 ≤ 0,05, maka H0 ditolak dan Ha diterima.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: NUR LATIFATUL KHOIRIYAH 17205163171
Date Deposited: 11 Sep 2020 03:21
Last Modified: 11 Sep 2020 03:21
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/16472

Actions (login required)

View Item View Item