PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR TEMATIK SISWA MIN 2 BLITAR

RETNO DWI LESTARI, 17205163023 (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR TEMATIK SISWA MIN 2 BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (251kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (370kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (354kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (369kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (452kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (379kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (323kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (293kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Retno Dwi Lestari. 17205163023. 2020. Pengaruh Pembelajaran Snowball Throwing Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Tematik Siswa Kelas IV MIN 2 Blitar. Pembimbing Dr. Adi Wijayanto, S.Or., S.Kom.,M.Pd.,AIFO. Kata Kunci: Snowball Throwing, Minat Belajar, dan Hasil Belajar. Minat dan hasil belajar yang rendah disebabkan guru yang masih menggunakan model pembelajaran konvensional seperti metode ceramah. Sehingga peserta didik kurang aktif dalam menerima pelajaran dari guru. Guru menerangkan semua materi yang akan dibahas, sedangkan peserta didik dituntut untuk mendengarkan penjelasan guru. Disini guru yang berperan aktif dan peserta didik berperan pasif. Peserta didik seringkali terlihat bercerita dan bercanda dengan peserta didik yang lain. Hal ini dapat mengganggu kelancaran dalam pembelajaran di kelas, sehingga dapat menimbulkan peserta didik cepat bosan dalam mengikuti pembelajaran. Guru harus pintar-pintar mencari solusi agar siswa berperan aktif dalam pembelajaran. Banyak sekali model pembelajaran yang dapat merangsang peserta didik aktif dalam proses pembelajaran. Salah satu model yang dapat digunakan adalah model pembelajaran Snowball Throwing, dimana model pembelajaran ini melibatkan aktivitas peserta didik dan bersifat menyenangkan karena bermain sambil belajar. Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui pengaruh pembelajaran Snowball Throwing terhadap minat belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran IPA MIN 2 Blitar, 2) untuk mengetahui pengaruh pembelajaran Snowball Throwing terhadap hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran IPA MIN 2 Blitar, 3) untuk mengetahui pengaruh pembelajaran Snowball Throwing terhadap minat dan hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran IPA MIN 2 Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian adalah pre-Experimental design dengan menggunakan desain probability sampling, teknik sampling dengan random sampling. Sampel terdiri dari 22 subjek kelas eksperimen dan 23 subjek kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan intrumen angket dan tes. Instrumen angket digunakan untuk mengukur minat belajar peserta didik. Penilaian hasil belajar menggunakan tes yaitu posttest. Sementara dokumentasi untuk mendapatkan data sejarah dan profil madrasah, daftar nama peserta didik kelas IV dan kelas V, serta foto-foto selama penelitian. Teknik analisis data menggunakan uji-t yang sebelumnya telah diuji prasyarat (homogenitas dan normalitas), kemudian dilanjutkan dengan uji Manova untuk mengetahui pengaruh pembelajaran Snowball Throwing terhadap minat dan hasil belajar siswa mata pelajaran IPA materi Gaya Magnet dan Gaya Gravitasi. Hasil penelitian ini adalah: 1) ada pengaruh yang positif dan signifikan antara pembelajaran Snowball Throwing terhadap minat belajar IPA siswa kelas IV MIN 2 Blitar dengan Sig. (2-tailed) sebesar 0,000. Nilai Sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05; 2) ada pengaruh yang positif dan signifikan antara pembelajaran Snowball Throwing terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV MIN 2 Blitar dengan Sig. (2- tailed) sebesar 0,000. Nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05; dan ada pengaruh yang positif dan signifikan antara pembelajaran Snowball Throwing terhadap minat dan hasil belajar IPA siswa kelas IV MIN 2 Blitar dengan Sig. sebesar 0,000. Nilai Sig. 0,000 < 0,05.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: RETNO DWI LESTARI 17205163023
Date Deposited: 11 Sep 2020 03:20
Last Modified: 11 Sep 2020 03:20
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/16471

Actions (login required)

View Item View Item