PENGARUH BUDAYA DAN PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP KEPUTUSAN MENJADI NASABAH PADA BMT DINAR AMANU TULUNGAGUNG

indra riski pratama, indra (2015) PENGARUH BUDAYA DAN PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP KEPUTUSAN MENJADI NASABAH PADA BMT DINAR AMANU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
A.docx

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Budaya dan Persepsi Masyarakat Terhadap Keputusan Menjadi Nasabah Pada BMT Dinar Amanu Tulungagung” ini ditulis oleh Indra Riski Pratama, NIM: 3223113097, dengan Pembimbing Sri Eka Astutiningsih, SE., MM. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena bahwa budaya dan persepsi masyarakat mempengaruhi keputusan menjadi nasabah. Dalam hal ini peneliti menghubungkan masalah agama, kebiasaan, pengetahuan, penerimaan, pemahaman, penilaian nasabah dengan kinerja karyawan, produk, pertimbangan, informasi, dan tempat BMT Dinar Amanu Tulungagung. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Apakah pengaruh budaya terhadap keputusan menjadi nasabah pada BMT Dinar Amanu Tulungagung? (2) Apakah pengaruh persepsi masyarakat terhadap keputusan menjadi nasabah pada BMT Dinar Amanu Tulungagung? (3) Apakah pengaruh budaya dan persepsi masyarakat secara bersama-sama terhadap keputusan menjadi nasabah pada BMT Dinar Amanu Tulungagung? Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah untuk (1) Untuk mengetahui pengaruh budaya terhadap keputusan menjadi nasabah pada BMT Dinar Amanu Tulungagung (2) Untuk mengetahui pengaruh persepsi masyarakat terhadap keputusan menjadi nasabah pada BMT Dinar Amanu Tulungagung (3) Untuk memaparkan pengaruh budaya dan persepsi masyarakat secara bersama-sama terhadap keputusan menjadi nasabah pada BMT Dinar Amanu Tulungagung. Skripsi ini bermanfaat bagi pengembangan keilmuan khususnya di bidang perbankan syariah, sebagai bahan referensi atau rujukan, dan tambahan pustaka pada perpustakaan IAIN Tulungagung. Bagi BMT sebagai sumber informasi untuk pengembangan strategi yang diterapkan BMT dan sebagai bahan evaluasi kinerja BMT dalam menghadapi kompetisi di dunia perbankan nasional. Bagi pembaca dan penelitiselanjutnya penelitian ini diharapkan dapat menambah wawasan dan bahan pertimbangan, khususnya yang berkaitan dengan budaya dan persepsi masyarakat terhadap keputusan menjadi nasabah BMT atau lembaga keuangan syariah. Dalam penelitian ini digunakan metode angket, dokumentasi, dan observasi. Angket digunakan untuk memperoleh data tentang keputusan menjadi nasabah pada BMT Dinar Amanu Tulungagung yang digunakan sebagai sampel penelitian. Sedangkan metode dokumentasi dan observasi digunakan untuk menggali tentang populasi, sampel, sejarah, struktur organisasi BMT dan dokumen BMT. Uji yang dilakukan menggunakan Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Uji Normalitas Data, Uji Regresi Linier Berganda, Uji t, Uji F, Uji R2, Uji Asumsi Klasik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara budaya dan persepsi masyarakat terhadap keputusan menjadi nasabah pada BMT Dinar Amanu Tulungagung. Terbukti didalam tabel coefficient pada masing-masing variabel X1 (budaya) diperoleh sig. sebesar 0,017 dibandingkan dengan taraf sig. < a = 0,017 < 0,05 dan X2 (persepsi masyarakat) diperoleh sig. sebesar 0,000 dibandingkan dengan taraf sig. < a = 0,000 < 0,05. Dan hipotesis penelitianya teruji. Terbukti bahwa variabel budaya dan persepsi masyarakat secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap keputusan menjadi nasabah pada BMT Dinar Amanu Tulungagung. Diperoleh angka Adjusted R Square 0,410, yang berarti 41% variabel terikat keputusan menjadi nasabah dijelaskan oleh variabel bebas yang terdiri dari budaya dan persepsi masyarakat, dan sisanya 59% dijelaskan oleh variabel lain di luar variabel yang digunakan, dan hipotesis penelitianya teruji.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: steven oke
Date Deposited: 29 Jun 2015 07:23
Last Modified: 29 Jun 2015 07:23
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/1647

Actions (login required)

View Item View Item