PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION DAN VIDEO PROBLEMATIKA SOSIAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA IPS KELAS VII DI MTS AS-SYAFI'IYAH GONDANG TULUNGAGUNG

SUBAIDA, 17209163006 (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION DAN VIDEO PROBLEMATIKA SOSIAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA IPS KELAS VII DI MTS AS-SYAFI'IYAH GONDANG TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (581kB) | Preview
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (623kB)
[img]
Preview
Text
Daftar isi.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab I.pdf

Download (452kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab II.pdf

Download (496kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab III.pdf

Download (519kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab IV.pdf

Download (805kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab V.pdf

Download (488kB) | Preview
[img] Text
Bab VI.pdf

Download (188kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Rujukan.pdf

Download (380kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation dan Video Problematika Sosial terhadap Hasil Belajar Siswa IPS Kelas VII di MTs As-Syafi’iyah Gondang” ini ditulis oleh Subaida, NIM 17209163006, Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Tulungagung, dibimbing oleh Hendra Pratama, M.Pd. Kata Kunci: Model Pembelajaran Group Investigation, Video Problematika Sosial, Hasil Belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi karena kurangnya variasi model dan media pembelajaran yang digunakan oleh guru sehingga proses pembelajaran yang terjadi kurang efektif dan efisien. Pembahasan materi dalam Ilmu Pengetahuan Sosial sangat banyak dan luas hal ini tentunya menuntut siswa agar memiliki kemampuan dalam menyelesaikan berbagai persoalan yang ada dalam IPS dan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa guru dapat menggunakan model pembelajaran group investigation dan video problematika sosial dalam pembelajaran IPS. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Adakah pengaruh model pembelajaran group investigation terhadap hasil belajar siswa IPS kelas VII di MTs As-Syafi’iyah Gondang Tulungagung Tahun Ajaran 2019/2020? (2) Adakah pengaruh video problematika sosial terhadap hasil belajar siswa IPS kelas VII di MTs As-Syafi’iyah Gondamg Tulungagung Tahun Ajaran 2019/2020? (3) Adakah pengaruh model pembelajaran group investigation dan video problematika sosial terhadap hasil belajar siswa IPS kelas VII di MTs As- Syafi’iyah Gondang Tahun Ajaran 2019/2020? Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran group investigation terhadap hasil belajar siswa IPS kelas VII di MTs As-Syafi’iyah Gondang Tulungagug Tahun Pelajaran 2019/2020, (2) Untuk mengetahui pengaruh video problematika sosial terhadap hasil belajar siswa siswa IPS kelas VII di MTs As-Syafi’iyah Gondang Tulungagung Tahun Pelajaran 2019/2020, (3) untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran group investigation dan video problematika sosial terhadap hasil belajar siswa IPS kelas VII MTs As-Syafi’iyah Gondang Tulungagung Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs As-Syafi’iyah Gondang. Sampel pada penelitian ini menggunakan 2 kelas, yakni kelas VII-B sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 24 siswa dan kelas VII-C sebagai kelas kontrol dengan jumlah 23 siswa. Pengambilan data dilakukan dengan metode pretest, posttest dan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data statistik yaitu uji t-test dan uji regresi linier berganda yang sebelumnya diuji homogenitas dan normalitasnya.

Item Type: Skripsi
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS
Depositing User: S.Pd 17209163006 Subaida
Date Deposited: 11 Sep 2020 03:03
Last Modified: 14 Sep 2020 01:42
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/16466

Actions (login required)

View Item View Item