GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA TENAGA PENDIDIK DI SMA NEGERI 1 DURENAN TRENGGALEK

ARUM WIDYAWATI, 17207163079 (2020) GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA TENAGA PENDIDIK DI SMA NEGERI 1 DURENAN TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (313kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (95kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (236kB)
[img] Text
BAB II .pdf

Download (355kB)
[img] Text
BAB III .pdf

Download (262kB)
[img] Text
BAB IV .pdf

Download (398kB)
[img] Text
BAB V .pdf

Download (199kB)
[img] Text
BAB VI .pdf

Download (91kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (216kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini ditulis oleh ARUM WIDYAWATI , NIM. 17207163079, Jurusan Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, dengan judul “Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Tenaga Pendidik di SMAN 1 Durenan Trenggalek”, Dosen pembimbing Dr. H. Masduki, M. Ag., NIP. 196207081998031001. Kata Kunci: Gaya Kepemimpinan, Peningkatan Kinerja Tenaga Pendidik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang gaya kepemimpinan kepala sekolah di SMAN 1 Durenan Trenggalek. Latar belakang permasalahan ini adalah menengok ketidakseimbangan antara kepemimpinan di dalam suatu Sekolah yang dapat disorot dari Gaya Kepemimpinan yang membawa pengaruh besar. Kepemimpinan kepala sekolah yang baik harus dapat mengupayakan peningkatan kinerja tenaga pendidik melalui program pembinaan kemampuan tenaga kependidikan dan ketertiban guru dalam kedisiplinan waktu. Oleh karena itu kepala sekolah harus mempunyai kepribadian atau sifat-sifat dan kemampuan serta keterampilan-keterampilan untuk memimpin sebuah lembaga pendidikan. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana gaya kepemimpinan demokratis, otokratis dan laissez faire dalam meningkatkan kinerja tenaga pendidik di SMAN 1 Durenan Trenggalek? (2) Bagaimana implikasi dari gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja tenaga pendidik di SMAN 1 Durenan Trenggalek?. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui gaya kepemimpinan demokratis, otokratis dan laissez faire dalam meningkatkan kinerja tenaga pendidik di SMAN 1 Durenan Trenggalek (2) Mengetahui implikasi dari gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja tenaga pendidik di SMAN 1 Durenan Trenggalek. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Pada penelitian ini teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Metode wawancara digunakan untuk menggali informasi mengenai upaya kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja tenaga pendidik di SMAN 1 Durenan Trenggalek, sedangkan observasi dan dokumentasi digunakan untuk mengetahui kegiatan pembinaan serta menggali data tentang sarana dan prasarana sekolah. Analisa data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini juga menggunakan pengecekan keabsahan data diantaranya perpanjang keikutsertaan, ketekunan pengamatan, serta triangulasi metode dan sumber. Hasil penelitian: (1) Gaya Kepemimpinan demokratis, otokratis dan laissez faire, ketiga gaya kepemimpinan gersebut tidak terlepas bagi maju mundurnya suatu lembaga pendididikan khususnya SMAN 1 Durenan Trenggalek. (2)Implikasi dari gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja tenaga pendidik di SMAN 1 Durenan Trenggalek berdampak positif bagi kinerja guru. Hal ini ditunjukkan oleh peran, tugas dan tugas dari seorang pemimpin yang mampu mendorong ke hal yang lebih baik. Sehingga sekolah mampu bersaing secara sehat dengan sekolah yang lainnya.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 17207163079 ARUM WIDYAWATI
Date Deposited: 14 Sep 2020 02:55
Last Modified: 14 Sep 2020 02:55
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/16461

Actions (login required)

View Item View Item