PENGARUH PENDIDIKAN PESANTREN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN AKHLAQUL KARIMAH PESERTA DIDIK MAN 4 JOMBANG

MOH. TUBA IN AM B., 17201163304 (2020) PENGARUH PENDIDIKAN PESANTREN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN AKHLAQUL KARIMAH PESERTA DIDIK MAN 4 JOMBANG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (770kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (306kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (164kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (529kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (675kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (616kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (691kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (538kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (294kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (452kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Pendidikan Pesantren terhadap Motivasi Belajar dan Akhlaqul Karimah Peserta Didik MAN 4 Jombang” ini ditulis oleh Moh. Tuba In Am B, NIM: 17201163304, dosen pembimbing H. Muh. Nurul Huda, M.A. Kata kunci: Pendidikan Pesantren, Motivasi Belajar, dan Akhlaqul Karimah Penelitian ini dilatar belakangi oleh lingkungan MAN 4 Jombang yang bernuansa pesantren. Hal ini menjadi keunikan tersendiri sebuah lembaga yang berhasil mengkobinasikan antara pendidikan formal dengan pendidikan nonformal. Motivasi peserta didik untuk belajar juga sangat penting demi meningkatkan hasil belajarnya. Disamping itu,pembentukan akhlaqul karimah juga tak kalah penting demi masa depan yang berbudi luhur. Dalam hal ini peneliti tertarik mengkaji lebih dalam pengaruh pendidikan pesantren terhadap motivasi belajar dan akhlaqul karimah peserta didik di MAN 4 Jombang. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Adakah pengaruh pendidikan pesantren terhadap motivasi belajar peserta didik MAN 4 Jombang? (2) Adakah pengaruh pendidikan pesantren terhadap akhlaqul karimah peserta didik MAN 4 Jombang? (3) Adakah pengaruh secara simultan pendidikan pesantren terhadap motivasi belajar dan akhlaqul karimah peserta didik MAN 4 Jombang? Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian adalah korelasi digunakan untuk mengetahui hubungan antara variabel bebas terhadap variabel terikat. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswi kelas X MAN 4 Jombang yang berjumlah 351, sedangkan teknik pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan cluster sampling dengan jumlah sampel sebanyak 55 siswi. Sedangkan instrumen dalam pengumpulan data peneliti menggunakan angket dan dokumentasi, adapun instrumen lain digunakan untuk memperkuat data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Ada pengaruh yang signifikan antara pendidikan pesantren terhadap motivasi belajar peserta didik MAN 4 Jombang. Hal ini dapat dibuktikan dari nilai Thitung > Ttabel, yakni 8,047 > 0,266 dengan taraf signifikan sebesar 0,000 < 0,05. 2) Ada pengaruh yang signifikan antara pendidikan pesantren terhadap akhlaqul karimah peserta didik MAN 4 Jombang. Hal ini dapat dibuktikan dari nilai Thitung > Ttabel, yakni 9,046 > 0,266 dengan taraf signifikan sebesar 0,000 < 0,05. 3) Ada pengaruh yang signifikan secara simultan antara pendidikan pesantren terhadap motivasi belajar dan akhlaqul karimah peserta didik MAN 4 Jombang. Hal ini dapat dibuktikan dari uji manova dimana diperoleh nilai signifikansinya sebesar 0,000 > 0,05.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201163304 MOH. TUBA IN AM B.
Date Deposited: 13 Oct 2020 03:03
Last Modified: 13 Oct 2020 03:03
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/16430

Actions (login required)

View Item View Item