STRATEGI PENGELOLAAN KELAS GURU DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR KELAS II SD ISLAM AN-NASHR SIDOREJO KAUMAN TULUNGAGUNG

KARTIKA WIDYA NINGRUM, 17205163055 (2020) STRATEGI PENGELOLAAN KELAS GURU DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR KELAS II SD ISLAM AN-NASHR SIDOREJO KAUMAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (529kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (187kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (499kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (681kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (347kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (576kB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf

Download (351kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (291kB)
[img] Text
DARFTAR PUSTAKA.pdf

Download (404kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Pengelolaan Kelas Guru dalam Proses Belajar Mengajar Kelas II SD Islam An-Nashr Sidorejo Kauman Tulungagung”. Ini ditulis oleh Kartika Widya Ningrum, NIM, 17205163055, Pembimbing Dr. Khoirul Anam M.Pd.I. Kata kunci : Strategi Guru, Pengelolan Kelas, Proses Belajar Mengajar. Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya peran guru dalam proses belajar mengajar terutama didalam kelas, karena guru mempunyai tanggung jawab besar dalam perkembangan kepribadian siswa, oleh sebab itu guru dituntut untuk memiliki keterampilan dalam pengelolaan kelas. Dalam hal ini peneliti mengkaji bagaimana strategi pengelolaan kelas guru dalam proses belajar mengajar kelas II SD Islam An-Nashr Sidorejo Kauman Tulungagung. Fokus penelitian ini adalah: (1) Bagaimana strategi guru menciptakan suasana belajar mengajar yang kondusif dikelas ? (2) Bagaimana strategi guru dalam mengatur ruang kelas untuk memperlancar kegiatan belajar mengajar di kelas ? (3) Bagaimana strategi guru menjalin hubungan kerjasama yang baik dengan siswa di kelas?. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah : (1) Untuk mengetahui strategi guru menciptakan suasana belajar mengajar yang kondusif dikelas ? (2) Untuk mengetahui strategi guru dalam mengatur ruang kelas untuk memperlancar kegiatan belajar mengajar di kelas ? (3) Untuk mengetahui strategi guru menjalin hubungan kerjasama yang baik dengan siswa di kelas? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini melalui tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan melalui triangulasi sumber dan teknik serta pembahasan teman sejawat. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Strategi guru menciptakan suasana belajar mengajar yang kondusif dikelas yaitu dengan cara pandai melihat situasi, kondisi dan karakter kelas, pembiasaan menghafal surat-surat pendek, absensi dan mengadakan dialog sedikit dengan cerita, pembelajaran yang santai namun serius, memotivasi siswa dalam belajarnya, membuat perencanaan bersama siswa, merencanakan kegiatan pembelajaran dari pertemuan sebelumya, sikap penuh perhatian dan tlaten mampu mengingingat pemahaman siswa yang berbeda-beda, gaya mengajar yang bervariasi dan mampu menumbuhkan motivasi belajar siswa. (2) Strategi guru dalam mengatur ruang kelas untuk memperlancar kegiatan belajar mengajar dikelas yaitu dengan cara, mengajak siswa memelihara kebersihan dan keindahan semua barang yang ada dikelas, membuat kelas menjadi tempat yang nyaman dan memberikan rangsangan bagi para siswa untuk belajar, mengisi kelas dengan berbagai sumber belajar, media, kata-kata mutiara, dan hasil-hasil karya peserta didik, mengatur penataan posisi tempat duduk dengan mempertimbangkan karakteristik individu menata posisi duduk sesuai metode yang diterapkan guru dalam proses belajar mengajar di kelas. (3) Strategi guru menjalin hubungankerjasama yang baik dengan siswa dikelas yaitu dengan cara guru berpenampilan yang menyenangkan bagi siswa dan harus sesuai dengan apa yang diajurkan oleh yayasan, memposisikan siswa sebagai teman yang sedang melaksanakan proses belajar bersama di kelas, membangun suatu hubungan kerjasama yang baik dalam memecahkan masalah bersama siswa dan bersikap adil, menciptakan kerja sama saling menghargai, baik antara peserta didik dengan peserta didik maupun antara peserta didik dengan guru.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 17205163055 KARTIKA WIDYA NINGRUM
Date Deposited: 09 Sep 2020 03:53
Last Modified: 09 Sep 2020 03:53
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/16428

Actions (login required)

View Item View Item