PENGGUNAAN MEDIA AUDIO-VISUAL DALAM MENGHAFAL ISTILAH DAN KRONOLOGI WAKTU PADA MATERI SEJARAH TERHADAP SISWA KELAS VIII B DI MTSN 6 TULUNGAGUNG

NOVA QUR’ANA, 17209163051 (2020) PENGGUNAAN MEDIA AUDIO-VISUAL DALAM MENGHAFAL ISTILAH DAN KRONOLOGI WAKTU PADA MATERI SEJARAH TERHADAP SISWA KELAS VIII B DI MTSN 6 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (281kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (93kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (254kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (379kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (276kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (714kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (157kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (94kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (235kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penggunaan Media Audio Visual dalam Menghafal Istilah dan Kronologi Waktu pada Materi Sejarah Siswa Kelas VIII B di MTsN 6 Tulungagung” ini ditulis oleh Nova Qur’ana, NIM 17209163051, Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN)Tulungagung, dengan dibimbing oleh Bagus Setiawan, M.Pd. Kata kunci : Istilah sejarah, Kronologi waktu sejarah, Media audio visual Penelitian ini dilatarbelakangi oleh berbagai fenomena terkait pembelajaran sejarah di sekolah. Terdapat isu tentang sulitnya mempelajari sejarah karena banyaknya materi seperti istilah sejarah dan kronologi waktu sejarah. Kesulitan yang dihadapi oleh siswa disebabkan oleh pembelajaran yang belum disertai dengan penggunaan media pembelajaran yang tepat. Untuk itu peneliti melakukan pengamatan terhadap penggunaan media audio visual oleh guru untuk melihat perkembangan belajar siswa dalam menghafal istilah dan kronologi waktu sejarah. Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah penggunaan media audio-visual dalam menghafal istilah dan kronologi waktu pada materi sejarah (IPS) siswa kelas VIII B di MTsN 6 Tulungagung?; (2) Bagaimanakah hasil belajar siswa dalam menghafal istilah dan kronologi waktu materi sejarah dengan menggunakan media audio-visual kelas VIII B di MTsN 6 Tulungagung? Tujuan penelitian untuk mendeskipsikan (1) penggunaan media audio-visual dalam menghafal istilah dan kronologi waktu materi sejarah (IPS) siswa kelas VIII B di MTsN 6 Tulungagung; (2) hasil belajar siswa dalam menghafal istilah dan kronologi waktu materi sejarah dengan menggunakan media audio-visual kelas VIII B di MTsN 6 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Lokasi penelitian dilakukan di MTsN 6 Tulungagung. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian skripsi ini adalah (1) Penggunaan media audio visual dalam menghafal istilah dan kronologi waktu materi sejarah peserta didik kelas VIII B MTsN 6 Tulungagung sudah berjalan efektif dan mendapat respon positif oleh peserta didik. Penggunaan media audio visual dalam menghafal istilah dan kronologi waktu materi sejarah terbagi menjadi dua tahapan yaitu tahap persiapan pembelajaran dan tahap pelaksanaan pembelajaran. (2) hasil belajar peserta didik dalam menghafal istilah dan kronologi waktu sejarah menggunakan media audio visual mengalami peningkatan pada nilai kognitif dan nilai afektif. Peserta didik dalam menghafal istilah paling banyak mampu menghafal 10 istilah dan paling sedikit mampu menghafal 7 istilah sejarah, sedangkan peserta didik dalam menghafal kronologi waktu paling banyak mampu menghafal 9 kronologi waktu dan paling sedikit mampu menghafal 5 kronologi waktu sejarah.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS
Depositing User: 17209163051 NOVA QUR’ANA
Date Deposited: 14 Sep 2020 04:01
Last Modified: 14 Sep 2020 04:01
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/16410

Actions (login required)

View Item View Item