IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN DIRECT INSTRUCTION PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI MAN 2 BLITAR

IKVINA ZAIMATUN NI’MAH, 172011 63281 (2020) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN DIRECT INSTRUCTION PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI MAN 2 BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (303kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (266kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (563kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (348kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (536kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (225kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (156kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Implementasi Model Pembelajaran Direct Instruction pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di MAN 2 Blitar” ini ditulis oleh Ikvina Zaimatun Ni’mah, NIM.17201163281, pembimbing Dr. Kutbudin Aibak, MH.I. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena bahwa pengetahuan dan pemahaman siswa tentang nilai ajaran Akidah Akhlak dapat mempengaruhi kesadaran siswa dalam berbuat daan bertingkah laku, dan dengan adanya perbedaan setiap siswa dalam kemampuan intelektual sehingga dalam pross pembelajaran masih ada siswa yang mengalami kesulitan belajar. Dalam hal ini peneliti menghubungkan masalah prestasi dan hasil belajar mata pelajaran Akidah Akhlak dengan tingkah laku dan model belajar siswa di Madrasah Aliyah Negeri 2 Blitar. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan pelaksanaan model pembelajaran direct instruction pada mata pelajaran akidah akhlak melalui pembelajaran individu untuk meningkatkan hasil belajar siswa di MAN 2 Blitar, (2) mendeskripsikan pelaksanaan model pembelajaran direct instruction pada mata pelajaran akidah akhlak melalui pembelajaran kelompok untuk meningkatkan hasil belajar siswa di MAN 2 Blitar, (3) mendeskripsikan pelaksanaan model pembelajaran direct instructionpada mata pelajaran akidah akhlak melalui pembelajaran tutor teman untuk meningkatkan hasil belajar siswa di MAN 2 Blitar.Skripsi ini bermanfaat bagi Kepala MAN 2 Blitar, sebagai sumbangan pemikiran dalam rangka pembinaan dan peningkatan mutu pengajaran, bagi para guru Madrasah Aliyah Negeri 2 Blitar sebagai sebagai masukan untuk meningkatkan kinerja guru dalam memaksimalkan prestasi siswa.Bagi siswa Madrasah Aliyah Negeri 2 Blitar sebagai bahan kajian dan renungan untuk memperbaiki akhlak dan prestasi belajar. Bagi para pembaca/peneliti lain sebagai bahan masukan atau referensi yang cukup berarti bagi peneliti lebih lanjut. Metode penelitian yang digunakan (1) pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif, (2) dalam mengumpulkan data, peneliti menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi, (3) teknis analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan, (4) pengecekan keabsahan data dapat dilakukan dengan credibility, transferability, dependability, confirmabilty Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada hubungan positif yang signifikan antara hasil belajar mata pelajaran Akidah Akhlak dengan model pembelajaran direct instruction.siswa menjadi lebih aktif dan bersemangat dalam belajar dengan menggunakan model pembelajaran direct instruction, lebih nyaman dengan metode yang digunakan seperti: metode individu, kelompok, dan tutor sebaya. Dengan menggunakan model tersebut hasil belajar siswa Madrasah Aliyah Negeri 2 Blitar lebih meningkat.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 172011 63281 IKVINA ZAIMATUN NI’MAH
Date Deposited: 15 Sep 2020 02:57
Last Modified: 15 Sep 2020 02:57
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/16408

Actions (login required)

View Item View Item