PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN MENYANYI DAN TEBAK KATA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN HAFALAN KOSA KATA BAHASA ARAB DI MADRASAH IBTIDAIYAH UNGGULAN (MIU) AL-FALAH SIMO KEDUNGWARU TULUNGAGUNG

NAHDLIYA AAMILA SALSABIILA, 17205163333 (2020) PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN MENYANYI DAN TEBAK KATA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN HAFALAN KOSA KATA BAHASA ARAB DI MADRASAH IBTIDAIYAH UNGGULAN (MIU) AL-FALAH SIMO KEDUNGWARU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (194kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (62kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (239kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (309kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (171kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (529kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (241kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (65kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (172kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penggunaan Metode Pembelajaran Menyanyi dan Tebak Kata untuk Meningkatkan Kemampuan Hafalan Kosa Kata Bahasa Arab di Madrasah Ibtidaiyah Unggulan (MIU) Al-Falah Simo Kedungwaru Tulungagung” ini ditulis oleh Nahdliya Aamila Salsabiila, NIM. 17205163333, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung 2020, Dosen Pembimbing Dr. Agus Zaenul Fitri, M.Pd. Kata Kunci: Penggunaan Metode Menyanyi dan Tebak Kata, Peningkatan Hafalan Kosa Kata Bahasa Arab Penelitian ini dilatar belakangi oleh konsep penerapan metode pembelajaran menyanyi dan tebak kata yang diterapkan dalam pembelajaran bahasa Arab. Penggunaan metode tersebut diterapkan secara bergantian dan tersistem menjadi metode pembelajaran guru dalam meningkatkan hafalan kosa kata bahasa Arab. Metode pembelajaran menyanyi sebagai upaya penyampaian guru dalam menanamkan hafalan kosa kata bahasa Arab. Dan metode pembelajaran tebak kata sebagai upaya guru untuk mengetahui kemampuan hafalan kosa kata bahasa Arab. Penelitian ini dilaksanakan di MIU Al Falah Simo Kedungwaru Tulungagung. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah: (1) Bagaimana tahap penggunaan metode pembelajaran menyanyi dan tebak kata untuk meningkatkan kemampuan hafalan kosa kata bahasa Arab di MIU Al Falah Simo Kedungwaru Tulungagung? (2) Bagaimana implementasi penggunaan metode pembelajaran menyanyi dan tebak kata untuk meningkatkan kemampuan hafalan kosa kata bahasa Arab di MIU Al Falah Simo Kedungwaru Tulungagung? (3) Bagaimana hasil penggunaan metode pembelajaran menyanyi dan tebak kata untuk meningkatkan kemampuan hafalan kosa kata bahasa Arab di MIU Al Falah Simo Kedungwaru Tulungagung? Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologis. Pada penelitian ini pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara mendalam, observasi partisipan, dan dokumentasi. Untuk meningkatkan kemampuan hafalan kosa kata bahasa Arab peserta didik maka diperlukan desain metode pembelajaran menyanyi dan tebak kata yang tepat untuk mencapai tujuan yang maksimal. Teknik analisis data yang dilakukan dengan cara (1) mereduksi data, (2) menyajikan data, dan (3) menyimpulkan data. Hasil penelitian (1) Tahapan penggunaan metode pembelajaran menyanyi dan tebak kata meliputi 4 tahapan. Pertama memahami karakteristik atau kondisi peserta didik. Kedua membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Ketiga menyiapkan hal-hal yang diperlukan dalam metode pembelajaran menyanyi. Keempat menyiapkan hal-hal yang diperlukan dalam metode pembelajaran tebak kata. (2) Guru Bahasa Arab melakukan pembukaan pembelajaran dimulai dengan salam dan berdoa bersama lalu dilanjutkan dengan pengenalan materi yang dikaitkan dengan kehidupan nyata peserta didik, lalu guru mulai menggunakan metode menyanyi dan tebak kata dalam proses pembelajaran, lalu dilanjutkan kegiatan penutup dimana guru mengakhiri pembelajaran dengan penguatan materi yang telah disampaikan dan diakhiri dengan berdoa dan salam. (3) Hasil dari penggunaan metode mengungkapkan bahwa peningkatan hafalan kosa kata Bahasa Arab peserta didik kelas II menuju arah yang lebih baik. Adanya faktor penghambat dan pendukung dalam peningkatan hafalan kosa kata bahasa Arab. Guru mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi kemampuan hafalan kosa kata bahasa Arab peserta didik. Dengan hal itu guru dapat mengambil langkah selanjutnya dengan melakukan sebuah tindakan atau disebut dengan evaluasi pembelajaran.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 17205163333 NAHDLIYA AAMILA SALSABIILA
Date Deposited: 07 Sep 2020 07:58
Last Modified: 07 Sep 2020 07:58
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/16391

Actions (login required)

View Item View Item