PENGARUH KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS TERHADAP HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH PROGRAM LINEAR KELAS XI DI MAN 3 TULUNGAGUNG

17204163009, SITI MUFAROHA (2020) PENGARUH KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS TERHADAP HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH PROGRAM LINEAR KELAS XI DI MAN 3 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (570kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (934kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (198kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (691kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (821kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (407kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (695kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (554kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (308kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (418kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Kemampuan Berpikir Kritis terhadap Hasil Belajar dan Motivasi Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Program Linear Kelas XI di MAN 3 Tulungagung” ini ditulis oleh Siti Mufaroha, NIM. 17204163009, Jurusan Tadris Matematika (TMT), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung yang dibimbing oleh Dr. Dewi Asmarani, M.Pd. Kata Kunci: Kemampuan berpikir kritis, hasil belajar, motivasi Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya motivasi dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika. Hal ini disebabkan karena kemampuan pemecahan masalah siswa masih rendah, pembelajaran lebih banyak di dominasi oleh guru, sehingga mengakibatkan siswa kurang termotivasi dan kurang menguasai materi. Oleh karena itu, diperlukan suatu pembelajaran yang memberikan kesempatan kepada siswa untuk dapat mengkonstruksi sendiri pengetahuannya, salah satunya dengan kemampuan berpikir kritis. Tujuan dalam penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui pengaruh kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar , (2) untuk mengetahui pengaruh kemampuan berpikir kritis terhadap motivasi siswa,( 3) untuk mengetahui pengaruh kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar dan motivasi siswa dalam menyelesaikan masalah program linear kelas XI di MAN 3 Tulungagung. Metode penelitian yang digunakan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi experimen. Teknik sampling yang digunakan adalah Probability Sampling jenis Simple Random Sampling. Populasi penelitian seluruh siswa kelas XI di MAN 3 Tulungagung, sampel yang diambil adalah siswa kelas XI MIA 3. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket dan tes. Teknik analisis yang digunakan adalah uji Manova. Berdasarkan hasil analisis data diketahui: (1) Ada pengaruh kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar siswa dalam menyelesaikan masalah program linear kelas XI di MAN 3 Tulungagung. Berdasarkan hasil nilai tes terlihat ada perbedaan, dibuktikan dengan hasil analisis diperoleh nilai signifikansi 0,000 < 0,05. (2) Ada pengaruh kemampuan berpikir kritis terhadap motivasi siswa dalam menyelesaikan masalah program linear kelas XI di MAN 3 Tulungagung. Berdasarkan hasil nilai angket terlihat ada perbedaan, dibuktikan dengan hasil analisis diperoleh nilai signifikansi 0,000 < 0,05. (3) Ada pengaruh kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar dan motivasi siswa dalam menyelesaikan masalah program linear kelas XI di MAN 3 Tulungagung. Berdasarkan hasil analisis Pillai’s Trace, Wilks’ Lambda, Hottelling’s Trace, Roy’ diperoleh nilai Signifikansi 0,000 < 0,05. Sehingga keputusannya

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: SITI MUFAROHA 17204163009
Date Deposited: 11 Sep 2020 03:36
Last Modified: 11 Sep 2020 03:36
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/16387

Actions (login required)

View Item View Item