IMPLEMENTASI BUDAYA LITERASI DALAM PENUMBUHAN BUDI PEKERTI PESERTA DIDIK DI MTsN 2 BLITAR

RODHIATUL MUNAWAROH, 17201163153 (2020) IMPLEMENTASI BUDAYA LITERASI DALAM PENUMBUHAN BUDI PEKERTI PESERTA DIDIK DI MTsN 2 BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (571kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (216kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (147kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (385kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (462kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (293kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (448kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (90kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (236kB)

Abstract

Rodhiatul Munawaroh. NIM 17201163153. Implementasi Budaya Literasi dalam Penumbuhan Budi Pekerti Peserta Didik di MTsN 2 Blitar. Skripsi. Pendidikan Agama Islam. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri Tulungagung. Pembimbing: Dr. Muhamad Zaini, MA. Kata Kunci: Implementasi, Budaya Literasi, Budi Pekerti Abad ke-21 menuntut peserta didik untuk memiliki empat kemampuan, diantaranya kemampuan membaca pemahaman yang tinggi, kemampuan menulis yang baik untuk membangun dan mengekspresikan makna, kemampuan berbicara secara akuntabel, serta kemampuan menguasai berbagai media digital yang berpengaruh. Selain itu, beberapa penelitian menunjukkan rendahnya kemampuan peserta didik Indonesia. Budaya literasi dibutuhkan untuk menjawab tantangan tersebut dalam meningkatkan kemampuan peserta didik. MTsN 2 Blitar melihat pentingnya literasi dan berkomitmen mengimplementasikan budaya literasi. Sehingga, dengan implementasi budaya literasi yang dilakukan madrasah melalui kegiatan-kegiatan yang terjadwal secara rutin meningkatkan kemampuan peserta didik dan penumbuhan budi pekertinya dalam menjawab tantangan global. Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana strategi implementasi budaya literasi dalam penumbuhan budi pekerti peserta didik di MTsN 2 Blitar?(2)Bagaimana pengembangan budaya literasi dalam penumbuhan budi pekerti peserta didik di MTsN 2 Blitar?(3)Bagaimana implementasi pembelajaran literasi dalam penumbuhan budi pekeri peserta didik di MTsN 2 Blitar?. Adapun tujuan penulisan skripsi ini adalah (1) untuk memaparkan strategi implementasi budaya literasi dalam penumbuhan budi pekerti peserta didik. (2) untuk memaparkan pengembangan budaya literasi dalam penumbuhan budi pekerti peserta didik di MTsN 2 Blitar. (3)untuk memaparkan implementasi pembelajaran literasi dalam penumbuhan budi pekerti peserta didik di MTsN 2 Blitar. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus. Sumber data MTsN 2 Blitar, kepala sekolah, waka kurikulum, ketua literasi, guru, pustakawan, peserta didik dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data observasi partisipan, wawancara mendalam dan dokumentasi. Analisis data dimulai dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data dengan kredibilitas (perpanjangan pengamat, peningkatan ketekunan pengamat, triangulasi sumber dan teknik, pengecekan teman sejawat), keteralihan, keterkaitan, dan kepastian. Hasil penelitian. Pertama, strategi implementasi budaya literasi dalam penumbuhan budi pekerti peserta didik yakni dengan megupayakan lingkungan fisik, akademik dan sosial yang literat. Kedua pengembangan implementasi budaya literasi dalam penumbuhan budi pekerti peserta didik yakni melalui kegiatan menanggapi bacaan pengayaan dengan cara memberi tagihan sederhana jurnal. Ketiga, pembelajaran implementasi budaya literasi dalam penumbuhan budi pekerti peserta didik yakni melalui kegiatan menanggapi teks buku bacaan pengayaan dan buku pelajaran dengan mengalokasikan waktu khusus membaca 15 menit sebelum pembelajaran namun belum ada tagihan akademik.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Rodhiatul Munawaroh 17201163153
Date Deposited: 07 Sep 2020 05:38
Last Modified: 07 Sep 2020 05:38
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/16385

Actions (login required)

View Item View Item