STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MI DARUSSALAM WONODADI BLITAR

17205163274, DESY AYU WULANDARI (2020) STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MI DARUSSALAM WONODADI BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (503kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (298kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (748kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (524kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (353kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (482kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (427kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (206kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (529kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul ”Strategi Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar siswa pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MI Darussalam Wonodadi Blitar,” ini ditulis oleh Desy Ayu Wulanadari, NIM 17205163274, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung, dibimbing oleh Mustofa, S.S., M.Pd. Kata Kunci: Motivasi Belajar, Strategi Guru Penelitian ini dilatar belakangi karena minimnya guru dan guru pemula Di MI Darussalam Wonodadi Blitar yang masih belum bisa atau belum mengerti strategi untuk meningkatkan motivasi belajar siswa terutama pada mata pelajaran Aqidah Akhlak. Guru seharusnya mempunyai banyak cara untuk meningkatkan motivasi belajar siswa agar siswa mempunyai minat untuk lebih semangat dan bergairah dalam belajar. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah: 1). Bagaimana strategi guru dalam meningkatkan motivasi belajar intrinsik siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MI Darussalam Wonodadi Blitar? 2). Bagaimana strategi guru dalam meningkatkan motivasi belajar ektrinsik siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MI Darussalam Wonodadi Blitar? 3). Bagaimana hasil strategi guru dalam meningkatkan motivasi belajar akidah akhlak di MI Darussalam Wonodadi Blitar?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif, lokasi penelitiannya di MI Darussalam Wonodadi Blitar. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui wawancara, catatan lapangan, foto, dokumen pribadi, catatan atau memo Hasil penelitian mengungkapkan bahwa; (1) motivasi intrinsik menjadi sangat penting bagi kegiatan belajar mengajar, lembaga mengharuskan guru untuk melakukan hal yang terbaik bagi siswanya, yaitu salah satunya meningkatkan motivasi intrinsik, Motivasi tersebut sebenarnya terdapat di dalam diri siswa, dengan demikian guru hanya tinggal merangsang atau dengan memancing motivasi setiap siswa. Serta, dengan konsep yang lain dengan memberikan pemahaman mengingatkan bahwa setiap siswa memiliki cita-cita di dalam hidupnya, baik harapan yang telah di sadari ataupun yang belum disadari oleh siswa itu sendiri. (2) Salah satu strategi dalam meningkatkan motivasi belajar ekstrinsik siswa adalah dengan pemberian reward,hadiah, pujian. pemberian ini ditujukan untuk memancing atau merangsang motivasi belajar siswa, akan tetapi guru tidak boleh berlebihan dalam memberikannya (3) hasil motivasi belajar sedikit banyak dipengaruhi oleh motivasi intrinsik dan motivasi ektrinsik.dengan menerapkan motivasitersebut maka akan menghasilkan hasil belajar yang positif ,motivasi ini juga akan berimbas kepada output lulusan sekolah, yaitu memunculkan bibit-bibit yang unggul dan memiliki kompetensi yang religius sesuai dengan harapan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: DESY AYU WULANDARI 17205163274
Date Deposited: 07 Sep 2020 04:52
Last Modified: 07 Sep 2020 04:52
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/16382

Actions (login required)

View Item View Item