UPAYA GURU DALAM PENGEMBANGAN KOMPETENSI PEDAGOGIK PADA PEMBELAJARAN TEMATIK PESERTA DIDIK SDI BAYANUL AZHAR SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG

ZULFATUN NIKMAH, 17205163089 (2020) UPAYA GURU DALAM PENGEMBANGAN KOMPETENSI PEDAGOGIK PADA PEMBELAJARAN TEMATIK PESERTA DIDIK SDI BAYANUL AZHAR SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (697kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (190kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (13kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (308kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (319kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (201kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (290kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (319kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (93kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (232kB)

Abstract

ABSTRAK Zulfatun Nikmah, 17205163089, Upaya Guru dalam Pengembangan Kompetensi Pedagogik pada Pembelajaran Tematik Peserta Didik SDI Bayanul Azhar Sumbergempol Tulungagung, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung, Pembimbing: Dr. Agus Purwowidodo, M.Pd. Kata Kunci: Kompetensi, pedagogik, guru, pembelajaran, tematik Penelitian ini dilatarbelakangi ketika proses pembelajaran berlangsung guru kurang efektif dalam mengelola pembelajaran ada beberapa peserta didik yang kurang antusias selama proses pembelajaran sehingga pembelajaran sedikit terhambat karena tidak semua peserta didik menerima materi dengan baik. Pembelajaran yang berlangsung dari pagi sampai siang membuat peserta didik merasa jenuh karena guru hanya menggunakan metode ceramah, tanya jawab, penugasan dan media papan tulis. Dalam hal ini penulis membahas terkait upaya guru dalam pengembangan kompetensi pedagogik pada pembelajaran tematik peserta didik SDI Bayanul Azhar Sumbergempol Tulungagung. Fokus penelitian dalam penelitian ini (1) Bagaimana kompetensi pedagogik guru dalam perencanaan pembelajaran tematik pada peserta didik SDI Bayanul Azhar Sumbergempol Tulungagung tahun ajaran 2019/2020?,(2) Bagaimana kompetensi pedagogik guru dalam pelaksanaan pembelajaran tematik pada peserta didik SDI Bayanul Azhar Sumbergempol Tulungagung tahun ajaran 2019/2020?,(3) Bagaimana implikasi kompetensi pedagogik guru dalam pembelajaran tematik pada peserta didik SDI Bayanul Azhar Sumbergempol Tulungagung tahun ajaran 2019/2020?. Tujuan dalam penelitian ini (1) Untuk mendiskripsikan kompetensi pedagogik guru dalam perencanaan pembelajaran tematik pada peserta didik SDI Bayanul Azhar Sumbergempol Tulungagung tahun ajaran 2019/2020,(2) Untuk mendiskripsikan kompetensi pedagogik guru dalam pelaksanaan pembelajaran tematik pada peserta didik SDI Bayanul Azhar Sumbergempol Tulungagung tahun ajaran 2019/2020,(3) Untuk mendiskripsikan implikasi guru kompetensi pedagogik guru dalam pembelajaran tematik pada peserta didik SDI Bayanul Azhar Sumbergempol Tulungagung tahun ajaran 2019/2020. Skripsi ini disusun berdasarkan data lapangan yang menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan observasi, interview atau wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan atau verifikasi. Untuk mengecek keabsahan data dengan menggunakan perpanjangan keikutsertaan, Triangulasi, Pemeriksaan sejawatmelalui diskusi dan interview informan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Kompetensi pedagogik guru dalam perencanaan pembelajarantematik seperti merumuskan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai,memilih jenis strategi/metode pembelajaran yang cocok,menentukan langkah-langkah pembelajaran, menentukan cara yang dapat digunakan untuk memotivasi peserta didik, menentukan bentuk-bentuk pertanyaan yang akan diajukan kepada peserta didik, (2) kompetensi pedagogik guru dalam pelaksanaan pembelajaran kegiatan ditunjukkan pada saat pembelajaran guru menggunakan media yang sesuai dengan materi dan dapat dijangkau oleh peserta didik sehingga pembelajaran terlaksana dengan baik diikuti dengan partisipasi aktif dari peserta didik, (3) Implikasi kompetensi pedagogik guru dalam proses belajarnya, peserta didik lebih aktif, pembelajaran menjadi bermakna. Kemampuan guru dalam mengevaluasi hasil pembelajaran terlihat ketika proses pembelajaran berlangsung dengan cara tanya jawab pada saat guru menjelaskan materi, ulangan harian dan melakukan pengamatan sikap peserta didik.Guru sebagai fasilitator untuk mengembangkan potensi peserta didik dengan membimbing dan mengikutsertakan lomba dan ekstrakurikuler yang ada disekolah sesuai dengan potensi yang dimiliki.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: ZULFATUN NIKMAH 17205163089
Date Deposited: 07 Sep 2020 03:37
Last Modified: 07 Sep 2020 03:37
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/16381

Actions (login required)

View Item View Item