ANALISIS TINDAK TUTUR DIREKTIF GURU DALAM MENANAMKAN NILAI PENDIDIKAN KARAKTER BERDASARKAN KURIKULUM 2013 DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 2 BLITAR

NIRMALA SARI, 17205163105 (2020) ANALISIS TINDAK TUTUR DIREKTIF GURU DALAM MENANAMKAN NILAI PENDIDIKAN KARAKTER BERDASARKAN KURIKULUM 2013 DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 2 BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
Cover.pdf

Download (805kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (221kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (93kB)
[img] Text
Bab I .pdf

Download (241kB)
[img] Text
Bab II.pdf

Download (366kB)
[img] Text
Bab III.pdf

Download (217kB)
[img] Text
Bab IV.pdf

Download (365kB)
[img] Text
Bab V.pdf

Download (327kB)
[img] Text
Bab VI.pdf

Download (90kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (230kB)

Abstract

ABSTRAK Nirmala Sari. NIM 17205163105. Tindak Tutur Direktif Guru untuk Meningkatkan Nilai Pendidikan Karakter (Studi Kasus di MIN 2 Blitar). Skripsi. Tulungagung: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Tulungagung. Pembimbing Dr. Muhammad Zaini, MA. Kata Kunci : Tindak Tutur Direktif, Pendidikan Karakter. Kegiatan guru dalam proses pembelajaran tidak hanya mengacu pada strategi dalam proses belajar mengajarnya, akan tetapi guru harus memperhatikan komunikasi guru dengan peserta didik. Tindak tutur direktif merupakan aspek penting yang digunakan dalam interaksi belajar mengajar. Oleh karena itu, perlu diperhatikan pemakaian tindak tutur direktif yang dituturkan guru dan peserta didik. Pertanyaan penelitian ini adalah (1) Bagaimana jenis tindak tutur direktif guru dalam menanamkan nilai pendidikan karakter berdasarkan kurikulum 2013 di MIN 2 Blitar?; (2) Bagaimana fungsi tindak tutur direktif guru dalam menanamkan nilai pendidikan karakter berdasarkan kurikulum 2013 di MIN 2 Blitar?; (3) Bagaimana hambatan tindak tutur direktif guru dalam menanamkan nilai pendidikan karakter berdasarkan kurikulum 2013 di MIN 2 Blitar?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis penelitiannya adalah studi kasus. Sumber data dalam penelitian ini adalah orang (person), tempat(place), kertas (paper), dan rekaman (handycam). Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah observasi non partisipan, teknik SBLC (Simak Bebas Libat Cakap) dan teknik wawancara. Analisis data dimulai dari teknik padan pragmatik dilanjutkan dengan teknik klasifikasi. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan dengan 4 kriteria, yaitu; Kredibilitas (credibility), keteralihan (transferability), keterkaitan (dependability), dan kepastian (confirmability). Hasil penelitian pada interaksi belajar mengajar di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Blitar mendapatkan; (1) 6 jenis tindak tutur direktif tindak tutur direktif. Jenis yang ditemukan meliputi: permintaan (requstives), pertanyaan (questions), perintah (requirements), larangan (prohibitive), pemberian izin (permissives), dan nasihat (advisories). (2) Fungsi tindak tutur direktif yang ditemukan dalam penelitian ini meliputi: 21 tuturan meminta, 2 tuturan memohon, 1 7 tuturan berdoa, 70 tuturan bertanya, 15 tuturan menginterogasi, 3 tuturan menghendaki, 10 tuturan menuntut, 1 tuturan mengarahkan, 1 tuturan menginstruksikan, 1 tuturan mensyaratkan, 1 tuturan melarang, 1 tuturan membolehkan, 7 tuturan membatasi, 18 tuturan menyetujui, 5 tuturan menganugerahi, 1 tuturan memaafkan, 15 tuturan menasehati, 1 tuturan menyarankan, 1 tuturan menuntut dan mengajak, 1 Mengintruksikan dan mengarahkan. Penelitian ini tidak ada fungsi mengomando, mendikte, mengatur dan mengonseling. (3) Hambatan atau kendala tindak tutur direktif Guru dalam meningkatkan nilai pendiddikan karakter yakni, faktor kelas yang luas dengan kondisi pengajar yang tidak lagi muda, faktorkelas yang berhimpitan dengan kelas lainya dan hanya berbatasan dengan pembatas triplek dan faktor internal banyak peserta didik yang mengantuk saat pembelajaran.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: NIRMALA SARI 17205163105
Date Deposited: 07 Sep 2020 01:56
Last Modified: 07 Sep 2020 01:56
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/16365

Actions (login required)

View Item View Item