PENGARUH RASIO PEMBIAYAAN TERHADAP DEPOSITO (FDR), PEMBIAYAAN BERMASALAH (NPF), BIAYA OPERASIONAL TERHADAP PENDAPATAN OPERASIONAL (BOPO) DAN KECUKUPAN MODAL (CAR) TERHADAP PROFITABILITAS BANK SYARIAH (Studi Pada Bank BNI Syariah Periode 2011-2018)

YUNITA AYU DAMAYANTI, 17401163355 (2020) PENGARUH RASIO PEMBIAYAAN TERHADAP DEPOSITO (FDR), PEMBIAYAAN BERMASALAH (NPF), BIAYA OPERASIONAL TERHADAP PENDAPATAN OPERASIONAL (BOPO) DAN KECUKUPAN MODAL (CAR) TERHADAP PROFITABILITAS BANK SYARIAH (Studi Pada Bank BNI Syariah Periode 2011-2018). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (968kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (374kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (377kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (318kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (295kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (17kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (159kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Financing to Deposit Ratio, Non Perfoming Financing, Kecukupan Modal dan Biaya Operasional terhadap Pendapatan Operasional Terhadap Profitabilitas Bank Syariah (Studi Pada Bank BNI Syariah Periode 2011-2018)” ini ditulis oleh Yunita Ayu Damayanti, NIM 17401163355, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Jurusan Perbankan Syariah, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung dibimbing oleh Dr. Qomarul Huda, M.Ag. Penelitian ini dilatar belakangi oleh perkembangan ekonomi di Indonesia yang dinilai menuju kearah perbaikan dibandingkan pada masa krisis, yang ditandai dengan munculnya banyak perbankan syariah. Dengan banyaknya perbankan syariah yang ada, Bank BNI Syariah adalah salah satu bank syariah yang memiliki prestasi serta mampu mempertahankan profitabilitasnya, meskipun mengalami fluktuasi tiap tahunnya, namun kondisi kinerja bank dalam keadaan sehat selama delapan tahun terakhir ini. Indikator yang digunakan dalam penelitian ini adalah Financing to Deposit Ratio (FDR), Non Perfoming Financing (NPF), Kecukupan Modal (CAR) dan Biaya Operasional terhadap Pendapatan Operasional (BOPO) sedangkan profitabilitas diukur dengan Return On Asset (ROA). Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Apakah Financing to Deposit Ratio (FDR) berpengaruh signifikan terhadap Profitabilitas Bank BNI Syariah? (2) Apakah Non Perfoming Financing (NPF) berpengaruh signifikan terhadap Profitabilitas Bank BNI Syariah? (3) Apakah Kecukupan Modal (CAR) berpengaruh signifikan terhadap Profitabilitas Bank BNI Syariah?, (4) Apakah Biaya Operasional terhadap Pendapatan Operasional (BOPO) berpengaruh signifikan terhadap Profitabilitas Bank BNI Syariah?, (5) Apakah Financing to Deposit Ratio (FDR), Non Perfoming Financing (NPF), Kecukupan Modal (CAR) dan Biaya Operasional terhadap Pendapatan Operasional (BOPO) secara bersama sama berpengaruh signifikan terhadap Profitabilitas Bank BNI Syariah? Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif. Jenis data yang digunakan merupakan jenis data sekunder yakni laporan keuangan triwulanan dari tahun 2011 triwulan pertama hingga tahun 2018 triwulan keempat yang diperoleh dari www.bnisyariah.co.id. Peneliti menganalisis data menggunakan teknik regresi linier berganda. Penelitian ini memberikan hasil bahwa secara parsial (1) FDR berpengaruh positif dan signifikan terhadap ROA. (2) NPF berpengaruh positif dan signifikan terhadap ROA. (3) CAR tidak berpengaruh terhadap ROA. (4) BOPO berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap ROA. (5) Secara stimultan FDR, NPF, CAR dan BOPO berpengaruh positif dan signifikan terhadap ROA sebesar 80.1% dan sisanya 19.9% dipengaruhi indikator lain yang tidak ada dalam penelitian ini. Kata kunci: Financing to Deposit Ratio, Non Perfoming Financing, Kecukupan Modal dan Biaya Operasional terhadap Pendapatan Operasional.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Yunita Ayu Damayanti 17401163355
Date Deposited: 07 Sep 2020 02:14
Last Modified: 07 Sep 2020 02:14
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/16363

Actions (login required)

View Item View Item