IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI KEGIATAN KEPRAMUKAAN UNTUK MENGEMBANGKAN KEDISIPLINAN SISWA DI MI AL-HIDAYAH 02 BETAK KALIDAWIR TULUNGAGUNG

17205163264, ELIS TRI WAHYUNI (2020) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI KEGIATAN KEPRAMUKAAN UNTUK MENGEMBANGKAN KEDISIPLINAN SISWA DI MI AL-HIDAYAH 02 BETAK KALIDAWIR TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (547kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (197kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (623kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (749kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (513kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (812kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (691kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (302kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (435kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Implementasi Pendidikan Karakter melalui Kegiatan Kepramukaan untuk Mengembangkan Kedisiplinan Siswa di MI Al Hidayah 02 Betak Kalidawir Tulungagung” ini ditulis oleh Elis Tri Wahyuni, NIM. 17205163264, Dosen Pembimbing Suwanto, M.S.I Kata Kunci: Pendidikan Karakter, Kegiatan Kepramukaan, Disiplin Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena bahwa pendidikan karakter melalui kegiatan kepramukaan berpengaruh dalam mengembangkan kedisiplinan siswa. Jenis kegiatan kepramukaan yang banyak macamnya seperti jenis-jenis PBB, upacara, mengajari keterampilan, halang rintang, penjelajahan, perkemahan dan permainan yang mengandung pendidikan. Sehingga kegiatan kepramukaan sangat berperan penting dalam mengembangkan kedisiplinan siswa. Fokus permasalahan dalam penelitian ini adalah (1)Bagaimana implementasi pendidikan karakter disiplin waktu siswa melalui kegiatan kepramukaan di MI Al-Hidayah 02 Betak Kalidawir Tulungagung? (2) Bagaimana implementasi pendidikan karakter disiplin ibadah siswa melalui kegiatan kepramukaan di MI Al-Hidayah 02 Betak Kalidawir Tulungagung (3)Bagaimana implikasi kegiatan kepramukaan terhadap karakter disiplin waktu dan ibadah siswa di MI Al-Hidayah 02 Betak Kalidawir Tulungagung? Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah (1)Untuk mengetahui penerapan pendidikan karakter disiplin waktu siswa melalui kegiatan kepramukaan di MI Al-Hidayah 02 Betak Kalidawir Tulungagung. (2)Untuk mengetahui penerapan pendidikan karakter disiplin ibadah siswa melalui kegiatan kepramukaan di MI Al-Hidayah 02 Betak Kalidair Tulungagung. (3)Untuk mengetahui implikasi kegiatan kepramukaan terhadap karakter disiplin waktu dan disiplin ibadah pada siswa di MI Al-Hidayah 02 Betak Kalidawir Tulungagung. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, observasi, dokumentasi. Untuk menguji keabsahan data penulisan menggunakan triangulasi sumber dan metode, untuk menganalisis data yang terkumpul digunakan analisis interaktif. Hasil penelitian dan pembahasan analisis data dapat disimpulkan bahwa (1)Implementasi pendidikan karakter disiplin waktu siswa melalui kegiatan kepramukaan Diterapkan dengan pelaksanaan kegiatan pramuka sesuai target yang telah ditentukan oleh pembina. Disiplin waktu yang diterapkan di MI AL Hidayah 02 Betak diantaranya kedatangan dan kepulangan siswa yang tepat waktu, memanfaatkan waktu istirahat, dan menyelesaikan tugas tepat waktu yang dilakukan dengan metode pengajaran, keteladanan, pembiasaan dan hukuman dengan tujuan untuk menumbuhkan sikap yang terintregasi ke arah yang lebih baik. Adapun kendala yang dihadapi dalam penerapan karakter disiplin waktu yakni masih ada siswa yang asyik dengan pekerjaan lain waktu bergiat dan ada siswa yang datang terlambat waktu latihan karena suatu hal. Upaya yang dilakukan pembina dalam mengatasi kendala tersebut, yakni dengan keuletan pembina untuk selalu membimbing dan mengarahkan serta membangun lingkungan kegiatan pramuka yang mampu mendukung tertanamnya karakter disiplin waktu serta pemberian motivasi dan nasehat dari pembina disetiap kegiatan. (2)Implementasi pendidikan karakter disiplin ibadah siswa melalui kegiatan kepramukaan telah berjalan sebagaimana yang diharapkan. Seperti pembiasaan berdo’a diawal dan akhir kegiatan, sholat berjama’ah, membangun toleransi antar siswa melalui kegiatan bersama-sama dan selalu menjaga kebersihan lingkungan yang dilakukan melalui metode pembiasaan, keteladanan, pengarahan dan pengawasan. Yang bertujuan untuk menjadikan siswa lebih dekat dengan Allah SWT dengan ikhlas beribadah tanpa suatu paksaan. Adapun kendala yang dihadapi dalam penerapan karakter disiplin ibadah yaitu, jiwa anak yang bebas yang tidak mau ditekankan dengan tuntutan. Upaya yang dilakukan dalam mengatasi kendala tersebut adalah memberikan tauladan yang baik, merangkul untuk membentuk kebiasaan yang baik dan nasehat yang selalu diselipkan dalam setiap kegiatan serta peran teman sebaya untuk memotivasi berperilaku baik. (3)Implikasi kegiatan kepramukaan terhadap karakter disiplin waktu dan ibadah siswa, sangat berdampak positif bagi peningkatan kedisiplinan siswa. Kegiatan pramuka yang dilaksanakan di MI Al-Hidayah 02 Betak antara lain latihan rutin, persami dan lopaga. Implikasi kegiatan tersebut terhadap karakter disiplin waktu dan ibadah siswa yakni Menciptakan kesadaran siswa, membantu perkembangan siswa, menumbuhkan sikap peduli dengan sesama, menumbuhkan tanggungjawab siswa serta siswa mempunyai semangat dan motivasi lebih untuk terus berprestasi dan berpartisipasi dalam kegiatan kepramukaan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: ELIS TRI WAHYUNI 17205163264
Date Deposited: 11 Sep 2020 02:26
Last Modified: 11 Sep 2020 02:26
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/16362

Actions (login required)

View Item View Item