PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) SISWA KELAS III MI THORIQUL HUDA KROMASAN TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2014/2015

Nurlaili, Siti Kholifah (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) SISWA KELAS III MI THORIQUL HUDA KROMASAN TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2014/2015. [ Skripsi ]

[img] Text
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (316kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (596kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Siswa Kelas III MI Thoriqul Huda Kromasan Tulungagung Tahun Ajaran 2014/2015” yang ditulis oleh Siti Kholifah Nurlaili, NIM. 3217113094, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN). Pembimbing: Dr.Eni Setyowati, S.Pd., MM Kata kunci : Metode Group Investigation, hasil belajar. Penelitian ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomena bahwa dalam kegiatan belajar mengajar di Madrasah Ibtidaiyah yang biasanya kita temui siswa-siswi mengalami kesulitan belajar terlebih pada mata pelajaran IPA. Untuk bisa mempelajari sesuatu dengan baik, kita perlu mendengar, melihat, melakukannya, dan menemukannya. Bukan hanya itu, siswa perlu mengerjakannya, yakni menyelesaikan sesuatu dengan cara mereka sendiri, menunjukkan contohnya, mencoba mempraktekkan keterampilan dan mengerjakan tugas yang menuntut pengetahuan yang telah mereka dapatkan. Menyikapi permasalahan tersebut, perlu diterapkan metode mengajar yang tepat dan efektif. Metode pembelajaran Group Investigation sebagai salah satu model belajar yang menjadikan pembelajaran lebih efektif, kreatif dan menyenangkan, diharapkan mampu meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi gerak benda. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : 1. Bagaimana penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation untuk meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) siswa kelas III MI Thoriqul Huda Kromasan Tulungagung? 2. Bagaimana hasil belajar IPA materi Gerak Benda setelah menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation di MI Thoriqul Huda Kromasan Tulungagung? Tujuan penelitian ini adalah : 1) Untuk memaparkan penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation pada mata pelajaran IPA materi Gerak Benda semester II pada peserta didik kelas III di MI Thoriqul Huda Kromasan Tulungagung. 2) Untuk memaparkan tingkat hasil belajar peserta didik dengan menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation pada mata pelajaran IPA materi Gerak Benda semester II pada peserta didik kelas III di MI Thoriqul Huda Kromasan Tulungagung. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK), sebanyak dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas III MI Thoriqul Huda Kromasan tahun ajaran 2014/ 2015 yang terdiri dari 28 siswa. Instrument yang digunakan peneliti adalah tes hasil belajar, lembar observasi aktivitas siswa, lembar observasi kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, wawancara dan dokumentasi. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini apabila penguasaan materi siswa mencapai 75% dari keseluruhan siswa yang mengikuti tes telah mencapai KKM. Setelah peneliti mengadakan penelitian dengan menggunakan model pembelajaran berdasarkan paparan data, temuan peneliti, dan pembahasan yang telah diuraikan, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Group Investigation dalam kegiatan pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran IPA siswa kelas III MI Thoriqul Huda Kromasan Tulungagung tahun ajaran 2014/2015. Adapun langkah-langkah penerapan model pembelajaran tersebut adalah : 1) Mengidentifikasikan topik dan mengorganisasikan siswa ke dalam kelompok, 2) Merencanakan tugas-tugas belajar, 3) Melaksanakan investigasi, 4) Menyiapkan laporan akhir, dan 5) Mempresentasikan laporan akhir, 6) Evaluasi. Setelah dilakukan analisis data, hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran menggunakan model pembelajaran Group Investigation dapat meningkatkan hasil belajar pada materi pokok gerak benda siswa kelas III MI Thoriqul Huda Kromasan Tulungagung. Dari hasil analisis data, diketahui bahwa rata-rata hasil pre test 69,8, pada siklus I menjadi 74,9, dan pada siklus II naik menjadi 81,3. Tingkat ketuntasan belajar juga meningkat dari 53,5 %, pada siklus I menjadi 67,8 % dan pada siklus II naik menjadi 85,7 %.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: cholifah siti kholifah nurlaili
Date Deposited: 07 Sep 2015 03:33
Last Modified: 07 Sep 2015 03:33
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/1636

Actions (login required)

View Item View Item