STRATEGI MEMPERTAHANKAN LOYALITAS PELANGGAN MELALUI MANAJEMEN PRODUKSI PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi pada Home industry Sari Temu Minuman Rasa Buah di Desa Tanjungtani Kecamatan Prambon Kabupaten Nganjuk)

ABDUR ROUF DZUNUROIN, 17402163655 (2020) STRATEGI MEMPERTAHANKAN LOYALITAS PELANGGAN MELALUI MANAJEMEN PRODUKSI PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi pada Home industry Sari Temu Minuman Rasa Buah di Desa Tanjungtani Kecamatan Prambon Kabupaten Nganjuk). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (463kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (164kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (89kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (359kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (397kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (232kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (307kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (243kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (11kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (146kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Mempertahankan Loyalitas Pelanggan Melalui Manajemen Produksi Perspektif Ekonomi Islam (Studi Pada Home industry Sari Temu Minuman Rasa Buah di Desa Tanjungtani Kecamatan Prambon Kabupaten Nganjuk)” ini ditulis oleh Abdur Rouf Dzunuroin, NIM 17402163655 pembimbing Dr. Qomarul Huda, M.Ag. Penelitian ini dilatarbelakangi dengan banyaknya faktor-faktor yang timbul dalam loyalitas pelanggan. Diantaranya kepuasan, ikatan emosi, kepercayaam, kemudahan dan pengalaman dengan perusahaan. Untuk mempertahankan loyalitas pelanggan, sebuah perusahaan harus mempunyai strategi-trategi untuk dieterapkan. Pada home industry sari temu minuman rasa buah untuk mampu mempertahankan loyalitas pelanggan mereka menerapkan beberapa aspek dalam manajemen produksi yang berupa perencanaan, pengendalian, dan pengawasan produksi untuk menciptakan loyalitas. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana strategi yang dilakukan dalam mempertahankan loyalitas pelanggan melalui manajemen produksi perspektif ekonomi Islam pada Home industry Sari Temu Minuman Rasa Buah di Desa Tanjungtani Kecamatan Prambon Kabupaten Nganjuk? (2) Bagaimana kekuatan dan kelemahan dalam strategi mempertahankan loyalitas pelanggan melalui manajemen produksi perspektif ekonomi Islam pada Home industry Sari Temu Minuman Rasa Buah di Desa Tanjungtani Kecamatan Prambon Kabupaten Nganjuk Dalam penelitian ini pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara secara mendalam terhadap informan. Sumber data dalam penelitian ini menggunakan data primer dan sekunder. Penelitian ini menggunakan teknik analisis studi lapangan yang mencari aspek-aspek keterkaitan dari manajemen produksi dan analisis faktor internal berupa kekuatan dan kelemahan pada perusahaan Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) Strategi mempertahankan loyalitas pelanggan melalui manajemen produksi perspektif ekonomi islam adalah melakukan perencanaan produksi dengan memperhatikan kualitas dan kuantitas produk, melakukan pengendalian produksi dengan melaksanakan tahapan perencanaan produksi yang sesuai dengan sasaran (segmentasi pasar), dan melakukan pengawasan produksi dengan mempertahankan kualitas dan efisiensi waktu. 2) Faktor internal yang menjadi kekuatan yaitu industri milik pribadi, memiliki izin usaha dan hak merek, produk yang dihasilkan tetap dan sesuai dengan ciri khas, mempertahankan kualitas produk dengan menjaga hubungan baik antar pemilik dengan karyawan dan mampu bertahan dengan kemasan produk yang tradisional. Faktor kelemahannya produksi dilakukan dengan waktu yang tidak pasti, tidak memanfaatkan kecanggihan tekonologi sebagai media pemasaran, kemasan produk yang digunakan masih terbilang tradisional Kata Kunci : Loyalitas Pelanggan, Manajemen Produksi, Ekonomi Islam

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Abdur Rouf Dzunuroin 17402163655
Date Deposited: 04 Sep 2020 04:37
Last Modified: 04 Sep 2020 04:37
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/16355

Actions (login required)

View Item View Item