UPAYA GURU ALQUR’AN HADIST DALAM MENUMBUHKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI MI DARUSSALAM WONODADI BLITAR

17205163231, ARINI HIKMATA KHUSNA (2020) UPAYA GURU ALQUR’AN HADIST DALAM MENUMBUHKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI MI DARUSSALAM WONODADI BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (939kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (276kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (166kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (213kB)
[img] Text
BAB II .pdf

Download (314kB)
[img] Text
BAB III .pdf

Download (260kB)
[img] Text
BAB IV .pdf

Download (928kB)
[img] Text
BAB V .pdf

Download (243kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (241kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (240kB)

Abstract

ABSTRAK Arini Hikmata Khusna, 17205163231, Upaya Guru Al-Qur’an Hadist dalam Menumbuhkan Motivasi Belajar Peserta Didik di MI Darussalam Wonodadi Blitar, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri IAIN Tulungagung, pembimbing:. Mustofa,S.S.,M.Pd. Kata Kunci: Upaya Guru, Motivasi Belajar Al-Qur’an Hadist Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya motivasi belajar Al Qur’an Hadist pada peserta didik di MI Darussalam Wonodadi Blitar. Motivasi dalam proses belajar mengajar memegang peranan yang sangat penting. Motivasi merupakan dorongan atau kemampuan untuk melakukan suatu kegiatan belajar agar tercapai tujuan yang diharapkan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimana rencana guru Al-Qur’an Hadist dalam menumbuhkan motivasi belajar peserta didik di MI Darussalam Wonodadi Blitar?, (2) bagaimana pelaksanaan upaya yang dialami guru Al-Qur’an Hadist dalam menumbuhkan motivasi belajar kepada peserta didik di MI Darussalam Wonodadi Blitar?, (3) bagaimana dampak positif setelah guru Al-Qur’an Hadist menumbuhkan motivasi belajar kepada peserta didik di MI Darussalam Wonodadi Blitar? Adapun Tujuan dalam penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan rencana guru Al-Qur’an Hadist dalam menumbuhkan motivasi belajar peserta didik di MI Darussalam Wonodadi Blitar, (2) mendeskripsikan pelaksanaan upaya yang dialami guru Al-Qur’an Hadist dalam menumbuhkan motivasi belajar kepada peserta didik di MI Darussalam Wonodadi Blitar, (3) mendeskripsikan dampak positif setelah guru Al-Qur’an Hadist menumbuhkan motivasi belajar kepada peserta didik di MI Darussalam Wonodadi Blitar. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, yaitu data yang diperoleh berupa ucapan atau tulisan dan tindakan yang diamati dari subyek penelitian. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Paparan dan analisis data dilakukan dengan teknik reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan cara triangulasi sumber dan triangulasi teknik dan teknik ketekunan pengamat. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) desain atau rencana guru Al Qur’an Hadist dalam menumbuhkan motivasi belajar peserta didik dapat dilakukan dengan cara menggunakan metode belajar yang beragam, memberi hadiah, memberi pujian, melakukan kegiatan membaca, pendekatan secara individual, dan memberi nasihat yang baik. (2) pelaksanaan upaya guru Al Qur’an Hadist dalam menumbuhkan motivasi belajar peserta didik antara lain: Melakukan Pembiasaan, reinforcement(Penguatan) (3) Dampak positif setelah guru Al-Qur’an Hadist menumbuhkan motivasi belajar kepada peserta didik antara lain: Antusiasme peserta didik mengikuti kegiatan belajar mengajar, Peserta didik lebih fokus pada kegiatan pembelajaran, Peserta didik menjadi lebih aktif dan percaya diri.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: ARINI HIKMATA KHUSNA 17205163231
Date Deposited: 14 Sep 2020 03:57
Last Modified: 14 Sep 2020 03:57
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/16333

Actions (login required)

View Item View Item