PERBEDAAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PESERTA DIDIK YANG MENGIKUTI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE (TTW) DENGAN PESERTA DIDIK YANG MENGIKUTI PEMBELAJARAN TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) PADA MATERI PYTHAGORAS

17204163207, FITRIA SETYOWATI (2020) PERBEDAAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PESERTA DIDIK YANG MENGIKUTI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE (TTW) DENGAN PESERTA DIDIK YANG MENGIKUTI PEMBELAJARAN TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) PADA MATERI PYTHAGORAS. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (845kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (496kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (255kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (471kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (622kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (663kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (656kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (366kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (181kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (297kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Perbedaan Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik yang Mengikuti Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW) dengan Peserta Didik yang Mengikuti Pembelajaran Tipe Think Pair Share (TPS) pada Materi Pythagoras” ini ditulis oleh Fitria Setyowati, NIM. 17204163207, pembimbing : Samsul Bakri, S.Pd.I., M.Pd. Kata Kunci : kemampuan komunikasi matematis, Think Talk Write (TTW), Think Pair Share (TPS) Latar belakang dalam skripsi ini adalah belum mampunya peserta didik dalam mengkoneksikan ide-ide matematisnya dalam menyelesaikan soal matematika. Peserta didik dalam menyelesaikan soal yang diberikan masih terdapat kesulitan dan kurang teliti. Sehingga terlihat bahwa kemampuan komunikasi matematisnya masih kurang. Selain itu, pembelajaran yang digunakan masih monoton dan model pembelajaran belum relevan. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk melihat apakah ada perbedaan kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang mengikuti model pembelajaran think talk write dengan yang mengikuti pembelajaran tipe think pair share khususnya kelas VIII dalam menyelesaikan soal matematika pada materi pythagoras. Sehingga diharapkan peserta didik mampu menyelesaikan soal dengan kemampuan komunikasi matematis melalui penerapan model pembelajaran yang lebih relevan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dengan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Dan menggunakan desain penilitian quasy experimental design. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes. Tes dilakukan untuk mengetahui tingkat kemampuan komunikasi matematisnya melalui pemahaman peserta didik dan dituangkan dalam tahap penyelesaiannya. Teknik analisis yang digunakan adalah mendiskripsikan data dan pengujian data. Hasil temuan berdasarkan analisis data menunjukkan bahwa nilai rata-rata yang di dapat peserta didik meningkat sebesar 53%. Perbedaan kemampuan komuniasi matematisnya dapat dilihat dari hasil nilai rata-rata peserta didik yaitu dari kelas eksperimen 1 dengan perlakuan model pembelajaran think talk write menghasilkan rata-rata 86,5. Sedangkan kelas eksperimen 2 yang diberi perlakuan model pembelajaran think pair share menghasilkan rata-rata 86,667. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis melalui penerapan model pembelajaran yang berbeda.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: FITRIA SETYOWATI 17204163207
Date Deposited: 03 Sep 2020 08:01
Last Modified: 03 Sep 2020 08:01
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/16331

Actions (login required)

View Item View Item