STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN RELIGIUSITAS SISWA DI SMPN 2 KADEMANGAN BLITAR

17201153064, FIFI KAKHOFINA (2020) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN RELIGIUSITAS SISWA DI SMPN 2 KADEMANGAN BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
Cover.pdf

Download (425kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (455kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (296kB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (342kB)
[img] Text
Bab II.pdf

Download (737kB)
[img] Text
Bab III.pdf

Download (334kB)
[img] Text
Bab IV.pdf

Download (944kB)
[img] Text
Bab V.pdf

Download (450kB)
[img] Text
Bab VI.pdf

Download (160kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (406kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Religiusitas Siswa Di SMPN 2 Kademangan Blitar” ini ditulis oleh Fifi Kakhofina, NIM, 17201153064, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung, Pembimbing: Dr. Agus Purwowidodo, M.pd. Kata kunci : Strategi Guru Pendidikan Agama Islam, Religiusitas Penelitian ini dilatarbelakangi oleh Pendidikan Agama Islam disekolah sering dianggap kurang berhasil dalam menggarap sikap dan perilaku keagamaan siswa serta membangun moral dan etika bangsa. Sekarang ini untuk mengamalkan kegiatan keagamaan sudah mulai pudar, selain itu adab dan sopan santun sudah sangat berkurang. Adab pergaulan dengan guru, teman bahkan dengan orangtua sepertinya sudah cenderung diabaikan. Realitas diatas sudah dinilai oleh sebagian masyarakat, merupakan bentuk kegagalan dalam membina keagamaan pada siswanya, dan itu merupakan tantangan bagi guru Pendidikan Agama Islam. Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana perencanaan guru PAI dalam meningkatkan religiusitas siswa di SMPN 2 Kademangan Blitar? (2) Bagaimana pelaksanaan guru PAI dalam meningkatkan religiusitas siswa di SMPN 2 Kademangan Blitar? (3) Bagaimana evaluasi guru PAI dalam meningkatkan religiusitas siswa di SMPN 2 Kademangan Blitar? Adapun menjadi tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan perencanaan guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan religiusitas siswa SMPN 2 Kademangan Blitar (2) Mendeskripsikan pelaksanaan guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan religiusitas siswa SMPN 2 Kademangan Blitar (3) Mendeskripsikan evaluasi guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan religiusitas siswa SMPN 2 Kademangan Blitar. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, lokasi penelitiannya di SMPN 2 Kademangan Blitar, sumber datanya di dapat melalui tiga unsur yaitu person, place dan paper, metode pengumpulan datanya menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dalam menganalisis datanya menggunkaan teknik analisis non statistik atau analisis deskriptif kualitatif, sedangkan pengecekan keabsahan datanya menggunakan triangulasi, pembahasan teman sejawat, dan perpanjangan penelitian. Hasil penelitian : (1) perencanaan guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan religiusitas siswa adalah dengan melakukan penyusunan RPP, (2) pelaksanaan guru PAI dalam meningkatkan religiusitas siswa dalam hal aqidah adalah membiasakan berdo’a sebelum dan sesudah pelajaran; kegiatan istighosah dan do’a bersama, pelaksanaan guru PAI dalam meningkatkan religiusitas siswa dalam hal ibadah adalah kegiatan shalat dhuha dan shalat duhur berjama’ah; kegiatan zakat fitrah; kegiatan qurban, pelaksanaan guru PAI dalam meningkatkan religiusitas siswa adalah dalam hal akhlak memberikan motivasi; memperingati PHBI (3) evaluasi guru PAI dalam meningkatkan religiusitas siswa dilakukan dengan penekanan pada dua aspek yaitu proses pembelajaran dan hasil belajar peserta didik.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: FIFI KAKHOFINA 17201153064
Date Deposited: 07 Sep 2020 01:54
Last Modified: 07 Sep 2020 01:54
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/16314

Actions (login required)

View Item View Item