Strategi Diversifikasi Produk Dalam Meningkatkan Pangsa Pasar Pada CV. Pakis Logam Perkasa Indonesia Dalam Perspektif Ekonomi Islam

17402163143, Laras Damayanti (2020) Strategi Diversifikasi Produk Dalam Meningkatkan Pangsa Pasar Pada CV. Pakis Logam Perkasa Indonesia Dalam Perspektif Ekonomi Islam. [ Skripsi ]

[img] Text
Cover.pdf

Download (287kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (158kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (91kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (389kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (487kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (204kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (381kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (410kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (93kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (217kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Strategi Diversifikasi Produk Dalam Meningkatkan Pangsa Pasar Pada CV. Pakis Logam Perkasa Indonesia Dalam Perspektif Ekonomi Islam” ini ditulis oleh Laras Damayanti, NIM 17402163143, Pembimbing Dr. Hj. Nur Aini Latifah, SE., MM.Penelitian ini di latar belakangi dengan semakin berkembangnya sektor UKM sehingga CV. Pakis Logam Perkasa Indonesia di harapkan bisa bersaing salah satunya yaitu dengan menerapkan strategi diversifikasi produk, yang merupakan suatu upaya yang dilakukan suatu organisasi atau perusahaan dalam usaha memasarkan atau memproduksi beberapa produk sejenis atau produk yang belum ada sebelumnya yang bertujuan untuk meningkatkan pangsa pasar yang sesuai dengan syariah Islam. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini yaitu: (1) Strategi diversifikasi produk pada CV. Pakis Logam Perkasa Indonesia untuk meningkatkan pangsa pasar dalam perspektif Islam, (2) Dampak yang ditimbulkan dalam menerapkan strategi diversifikasi produk pada CV. Pakis Logam Perkasa Indonesia guna meningkatkan pangsa pasar dalam perspektif Islam. (3) Kendala dalam menerapkan strategi diversifikasi dan bagaimana upaya yang dilakukan CV. Pakis Logam Perkasa Indonesia untuk mengatasi permasalahan dalam menerapkan strategi diversifikasi produk dalam meningkatkan pangsa pasar dalam perspektif Islam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pendekatan kualitatif filsafat postpositivisme, sumber data dari penelitian ini yaitu data primer dan sekunder, metode pengumpulan data menggunakan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data melalui tahap reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang diperoleh (1) Jenis strategi diversifikiasi produk yang digunakan oleh CV. Pakis Logam Perkasa Indonesia yaitu strategi diversifikasi horizontal, yaitu suatu strategi dimana perusahaan melakukan penambahan produk baru yang tidak saling berkaitan dengan produk yang sudah ada akan tetapi untuk tujuan pangsa pasar tetap sama.; (2) Dampak positif yang ditimbulkan strategi diversifikasi produk yaitu peningkatan kualitas sumberdaya manusia serta penyerapan tenaga kerja. Sedangkan dampak negatif yang diakibatkan yaitu dampak lingkungan seperti polusi suara.; (3) Kendala internal yang ditemui yaitu ketersediaan bahan baku yang terkadang sulit didapat dan terkadang mahal. Sedangkan kendala eksternal yang ditemui terdapat pada segi penawaran, yaitu penawaran yang terkadang naik dan turun. Sehingga mengakibatkan jumlah produksi yang berfluktuasi; (4) Pangsa pasar merupakan fokus utama dalam penerapan strategi diversifikasi produk di CV. Pakis Logam Perkasa Indonesia, sehingga perusahaan selalu megutamakan keberkahan dan kepuasan konsumen dalam semua proses pemasarannya. Kata kunci : Diversifikasi Produk, Pangsa Pasar dan Ekonomi Islam

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: laras damayanti 17402163143
Date Deposited: 03 Sep 2020 03:26
Last Modified: 03 Sep 2020 03:26
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/16311

Actions (login required)

View Item View Item