MANAJEMEN RISIKO PEMBIAYAAN MUSYARAKAH PADA PERBANKAN SYARIAH (Studi Kasus PT. Bank Muamalat Indonesia Kantor Cabang Kediri)

17401163396, MALINDA DIAH EKA WATI (2020) MANAJEMEN RISIKO PEMBIAYAAN MUSYARAKAH PADA PERBANKAN SYARIAH (Studi Kasus PT. Bank Muamalat Indonesia Kantor Cabang Kediri). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (751kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (292kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (194kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (494kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (592kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (374kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (813kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (523kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (186kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (405kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Manajemen Risiko Pembiayaan Musyarakah pada Perbankan Syariah (Studi Kasus PT. Bank Muamalat Kantor Cabang Kediri)” ini ditulis oleh Malinda Diah Eka Wati, NIM 17401163396 pembimbing Hj. Amalia Nuril Hidayati, M.Sy. Keberadaan perbankan syariah saat ini terus mengalami pertumbuhan dari tahun ke tahun. Salah satu faktor pertumbuhan ini dipengaruhi oleh faktor pembiayaan yang disalurkan bank. Semakin besar pembiayaan yang disalurkan maka semakin tinggi risiko yang akan ditanggung oleh bank. Dalam hal ini peneliti mengangkat permasalahan yang dirumuskan oleh peneliti yaitu: 1) Bagaimana manajemen risiko pembiayaan musyarakah yang dilakukan oleh PT. Bank Muamalat Kantor Cabang Kediri. 2) Bagaimana strategi PT. Bank Muamalat Kantor Cabang Kediri untuk memperkecil risiko kerugian dalam pembiayaan musyarakah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan Janis penelitian studi kasus. Jenis data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dari metode observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan, pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan terakhir penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini 1) Manajemen risiko pembiayaan musyarakah pada PT. Bank Muamalat Indonesia Kantor Cabang Kediri sudah menggunakan 5C dengan baik, selain itu juga menggunakan POAC. 2) Strategi PT. Bank Muamalat Indonesia Kantor Cabang Kediri untuk memperkecil risiko kerugian dalam pembiayaan musyarakah yaitu dengan cara memenuhi prosedur dengan baik. Selain itu, jika nasabah mengabaikan teguran dari bank sebanyak tiga kali, maka pihak bank dapat melakukan restructurisasi dengan cara Rescheduling, Reconditioning, dan Restructuring. Dan apabila restructuralisasi yang dilakukan gagal, maka bank dapat menempuh jalur non litigasi dan jalur litigasi. Kata Kunci: Musyarakah, Manajemen Risiko, PT. Bank Muamalat Indonesia Kantor Cabang Kediri

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Malinda Diah Eka Wati 17401163396
Date Deposited: 02 Sep 2020 06:49
Last Modified: 02 Sep 2020 06:49
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/16303

Actions (login required)

View Item View Item