PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V MIN 2 BLITAR

RIKATU ROHMAH, 17205163613 (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V MIN 2 BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (550kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (176kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (255kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (326kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (349kB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (287kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (656kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (288kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (168kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Terhadap Minat Dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V MIN 2 Blitar” ini ditulis oleh Rikatu Rohmah, NIM. 17205163163, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, IAIN Tulungagung, yang dibimbing oleh Bapak Saiful Bahri, S.Ag, M.Pd.I. Kata kunci: Model Pembelajaran Reciprocal Teaching, Minat, Hasil Belajar. Penelitian ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomena bahwa pada pendidikan zaman sekarang siswa kurang aktif dalam pembelajaran, siswa terkadang bermain dengan teman ketika guru menjelaskan materi. Dalam pembelajaran hendaknya guru mampu memberikan suasana yang menyenangkan agar siswa bisa lebih memahami materi yang disampaikan, sehingga minat belajar siswa dapat tumbuh dan mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah: 1) Adakah pengaruh model pembelajaran Reciprocal Teaching terhadap minat belajar IPA siswa kelas V MIN 2 Blitar? 2) Adakah pengaruh model pembelajaran Reciprocal Teaching terhadap hasil belajar IPA siswa siswa kelas V MIN 2 Blitar? 3) Adakah pengaruh model pembelajaran Reciprocal Teaching terhadap minat dan hasil belajar IPA siswa kelas V MIN 2 Blitar?. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Reciprocal Teaching terhadap minat belajar IPA siswa kelas V MIN 2 Blitar, 2) untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Reciprocal Teaching terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V MIN 2 Blitar, 3) untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Reciprocal Teaching terhadap minat dan hasil belajar IPA siswa kelas V MIN 2 Blitar. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif jenis penelitiannya Quasy Experimen. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket dan tes. Angket digunakan untuk memperoleh data tentang minat belajar siswa kelas V MIN 2 Blitar. Tes digunakan untuk memperoleh data tentang hasil belajar siswa kelas V MIN 2 Blitar. Pengolahan data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji validasi, uji t dan uji MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan 1) Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara model pembelajaran Reciprocal Teaching dengan minat belajar IPA siswa kelas V MIN 2 Blitar. Hal ini berdasarkan perhitungan uji t untuk minat belajar IPA diperoleh Sig. (2-tailed) sebesar 0,003. Karena signifikansi < 0,05 maka Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara model pembelajaran Reciprocal Teaching dengan minat belajar IPA siswa kelas V MIN 2 Blitar dengan minat belajar IPA siswa kelas V MIN 2 Blitar. 2) Ada pengaruh yang postif dan signifikan antara model pembelajaran Reciprocal Teaching dengan hasil belajar IPA siswa kelas V MIN 2 Blitar. Hal ini berdasarkan hitungan uji t untuk hasil belajar IPA diperoleh Sig. (2-tailed) sebesar 0,001. Karena signifikansi <0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara model pembelajaran Reciprocal Teaching dengan hasil belajar IPA siswa kelas V MIN 2 Blitar. 3) Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara model pembelajaran Reciprocal Teaching dengan minat dan hasil belajar IPA siswa kelas V MIN 2 Blitar. Hal ini berdasarkan perhitungan uji MANOVA untuk minat dan hasil belajar IPA siswa diperoleh Sig. (2-tailed) sebesar 0,000. Karena signifikansi <0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antar model pembelajaran Reciprocal Teaching dengan minat dan hasil belajar IPA siswa kelas V MIN 2 Blitar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: RIKATU ROHMAH 17205163163
Date Deposited: 02 Sep 2020 02:37
Last Modified: 07 May 2021 03:30
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/16291

Actions (login required)

View Item View Item