EKSPLORASI ETNOMATEMATIKA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA KURIKULUM 2013 MELALUI CANDI SANGGRAHAN TULUNGAGUNG

17204163040, ALFI ZAHROTUL FAIDA (2020) EKSPLORASI ETNOMATEMATIKA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA KURIKULUM 2013 MELALUI CANDI SANGGRAHAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (386kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (713kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (258kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (628kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (710kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (291kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (612kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (817kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (194kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (409kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Eksplorasi Etnomatematika dalam Pembelajaran Matematika Kurikulum 2013 Melalui Candi Sanggrahan Tulungagung” ditulis oleh Alfi Zahrotul Faida, NIM. 17204163040, 2020, Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, pembimbing Hj. Dra. Umy Zahro, M.Kes, Ph.D. Kata kunci: Etnomatematika, Pembelajaran Matematika, Kurikulum 2013, Candi Etnomatematika merupakan salah satu pendekatan pembelajaran matematika menggunakan unsur budaya. Pembelajaran matematika di sekolah masih banyak yang bersifat verbalistik, artinya kegiatan pembelajaran di sekolahdilakukan dengan mendidik peserta didik untuk banyak menghafal, seperti menghafal rumus dan menghafal proses penyelesaian soal. Harusnyaimplementasi kurikulum menempatkan peserta didik untuk mampu memahami proses pembelajaran dapat dilakukan dengan memanfaatkan obyek yang terdapat di lingkungan sekitar. Sehingga peserta didik mampu memahami pembelajaran secara konkrit. Candi merupakan salah satu sumber belajar yang belum sepenuhnya digunakan. Pemanfaatan candi ini dapat digunakan untuk memahami beberapa konsep matematika yang ditemukan dalam pembelajaran di kelas dengan obyek konkrit yang tersedia di lingkungan sekitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode etnografi. Penelitian ini dilakukan dengan studi terhadap budaya dalam kondisi yang alamiah untuk mendapatkan gambaran yang mendalam tentang eksplorasi matematika yang terdapat pada candi Sanggrahan. Penelitian ini dilakukan di candi Sanggrahan Tulungagung yang berada di dukuh Sanggrahan, Boyolangu, Tulungagung. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan field research yaitu data yang diambil dari lapangan menggunakan cara observasi partisipan, wawancara mendalam, dan studi dokumentasi. Data yang diperoleh tersebut dianalisis dengan caramereduksi data, melakukan penyajian data, dan melakukan penarikan kesimpuan. Tujuan dari penelitan ini adalah untuk menemukan eksplorasi pembelajaran matematika dengan pendekatan etnomatematika, sehingga peneliti menemukan konsep matematika yang terdapat dalam candi Sanggrahan. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat konsep-konsep matematika yang terdapat pada candi Sanggrahan, meliputi: 1) konsep geometri bangun datar persegi panjang pada relief bagian batur candi. 2) konsep geometri bangun datar persegi panjang dan jajar genjang pada bagian paling atas candi. 3) konsep matematika kesebangunan pada kaki 1 dan kaki 2 candi, yang tersusun oleh bangun persegi panjang dan dua trapesium. 4) konsep matematika pola bilangan dan konfigurasi obyek, dapat menentukan pola anak tangga pada bagian kaki 2 candi. 5) konsep matematika menentukan banyaknya bata merah yang digunakan sebagai isian pada kaki 2 candi menggunakan rumus volume balok.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Menengah
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: ALFI ZAHROTUL FAIDA 17204163040
Date Deposited: 02 Sep 2020 02:58
Last Modified: 02 Sep 2020 02:58
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/16290

Actions (login required)

View Item View Item