EFEKTIVITAS METODE TTL (TANYA, TULIS, LAPORKAN) DALAM MENULIS TEKS BIOGRAFI MELALUI PEMBELAJARAN DARING DI KELAS X MAN 1 TRENGGALEK TAHUN PELAJARAN 2019/2020

17210163095, SELVI ANNA ANGGRAINI (2020) EFEKTIVITAS METODE TTL (TANYA, TULIS, LAPORKAN) DALAM MENULIS TEKS BIOGRAFI MELALUI PEMBELAJARAN DARING DI KELAS X MAN 1 TRENGGALEK TAHUN PELAJARAN 2019/2020. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (858kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (228kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (99kB)
[img] Text
BAB I .pdf

Download (208kB)
[img] Text
BAB II .pdf

Download (258kB)
[img] Text
BAB III .pdf

Download (576kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (300kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (243kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (90kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (88kB)

Abstract

ABSTRAK Anggraini, Selvi Anna. NIM. 17210163095. 2020. Efektivitas Metode TTL (Tanya, Tulis, Laporkan) dalam Menulis Teks Biografi melalui Pembelajaran Daring di Kelas X MAN 1 Trenggalek Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi. Tadris Bahasa Indonesia. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. IAIN Tulungagung. Pembimbing Dra. Siti Zumrotul Maulida, M.Pd.I. Kata Kunci: Efektivitas Metode TTL (Tanya, Tulis, Laporkan), Teks Biografi, Daring Metode pembelajaran merupakan suatu cara yang digunakan oleh pendidik untuk mencapai tujuan pembelajaran. Metode pembelajaran yang digunakan pendidik di kelas X IPA MAN 1 Trenggalek dalam pembelajaran menulis teks biografi masih menggunakan metode ceramah. Hal tersebut membuat peserta didik kurang berantusias dalam mengembangkan ide-ide yang dimiliki. Metode pembelajaran yang dibahas dalam penelitian ini yaitu metode TTL (Tanya, Tulis, Laporkan) dalam menulis teks biografi. TTL merupakan metode adobsi dari metode ATTL (Amati, Tanya, Tulis, Laporkan) dalam skripsi Leni Salindri yang digunakan sebagai metode pembelajaran menulis teks berita kelas VIII di SMPN 3 Batang Semarang. TTL merupakan suatu konsep metode pembelajaran dengan cara mengajak peserta didik untuk terlibat secara langsung dalam proses pembelajaran di luar kelas. Metode TTL didefinisikan sebagai cara yang digunakan pendidik dalam pengajaran materi menulis teks biografi dengan cara bertanya, menulis, dan melaporkan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimanakah efektivitas penggunaan metode TTL (Tanya, Tulis, Laporkan) dalam menulis teks biografi melalui pembelajaran daring di kelas X IPA 7 MAN 1 Trenggalek? Penulis menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Populasi penelitian yaitu kelas X IPA 7 MAN 1 Trenggalek. Sampel penelitian yang digunakan yaitu keseluruhan peserta didik kelas X IPA 7 dengan jumlah 30 peserta didik. Sampling dalam penelitian ini menggunakan sampling jenuh karena populasi relatif kecil, dan seluruh populasi digunakan sebagai sampel penelitian. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes. Tes yang dilakukan yaitu pre-tes dan pos-tes menulis teks biografi. Analisis data menggunakan Statistical Package for the Social Science (SPSS) 22 for windows. Berdasarkan rumusan masalah yang telah diajukan, maka hasil penelitian adalah sebagai berikut: 1) Terdapat keefektivan yang positif dan signifikasi antara penerapan metode TTL (Tanya, Tulis, Laporkan) dengan pembelajaran menulis teks biografi. Hal ini dibuktikan dengan nilai uji paired sampel t-tes Asymp. Sig<0,05 dengan nilai sebesar 0,000<0,05, maka hipotesis diterima. Nilai 0.05 didapat karena peneliti menggunakan keakuratan 5% =0,05. Efektivitas menulis teks biografi pre-tes (tanpa menggunakan metode), dan pos-tes (menggunakan metode TTL) di kelas X IPA 7 MAN 1 Trenggalek. Nilai rata-rata hasil belajar menulis teks biografi pre-tes sebesar 71,66, dan pos-tes sebesar 83. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa pos-tes (tes menerapkan metode TTL) lebih efektiv dibandingkan pre-tes (tes dengan pembelajaran konvensional).

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: SELVI ANNA ANGGRAINI 17210163095
Date Deposited: 01 Sep 2020 03:29
Last Modified: 01 Sep 2020 03:29
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/16273

Actions (login required)

View Item View Item