EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN DUTA-DUTI (DUA DATANG-DUA TINGGAL) DALAM MENULIS SURAT PRIBADI DAN SURAT DINAS SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 KALIDAWIR TULUNGAGUNG

17210163103, ANJAR RETNANINGTYAS (2020) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN DUTA-DUTI (DUA DATANG-DUA TINGGAL) DALAM MENULIS SURAT PRIBADI DAN SURAT DINAS SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 KALIDAWIR TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (250kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (231kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (7kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (206kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (265kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (456kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (283kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (94kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (89kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (88kB)

Abstract

ABSTRAK Retnaningtyas, Anjar. NIM. 17210163103. 2020. Efektivitas Model Pembelajaran Duta-Duti (Dua Datang-Dua Tinggal) dalam Menulis Surat Pribadi dan Surat Dinas Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Kalidawir Tulungagung. Skripsi. Tadris Bahasa Indonesia. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. IAIN Tulungagung. Pembimbing. Mustofa., S.S., M.Pd. Kata kunci: Model Pembelajaran Duta-Duti (Dua datang Dua tinggal), Menulis Surat Pribadi, Surat Dinas. Latar belakang penelitian ini adalah sebuah permasalahan yang terjadi dalam proses pembelajaran bahasa Indonesia di SMP Negeri 1 Kalidawir Tulungagung. Permasalahan ini diperoleh peneliti dari kegiatan wawancara yang telah dilakukan terhadap guru mata pelajaran bahasa Indonesia pada saat magang II berlangsung. Dari beberapa permasalahan yang ada, peneliti mengambil kesimpulan bahwa sebagian besar proses pembalajaran yang dilakukan terkesan monoton dan membosankan. Hal ini sejalan dengan pendapat yang dikemukakan oleh Sudjana dan Rivai dalam Gita (2014:1) yang berpendapat bahwa pemilihan model pembelajaran yang tepat diharapkan dapat meningkatkan kualitas proses belajar yang disengaja, bertujuan, dan terkendali. Kemudian, menurut Rustam dalam Gita (2014:2) pemilihan model pembelajaran diharapkan dapat menunjang suasana pembelajaran supaya lebih kondusif dan menyenangkan. Berdasarkan hal tersebut, peneliti akan menghubungkan permasalahan ini dengan melakukan penelitian yang berjudul ”Efektivitas Model Pembelajaran Duta-Duti (Dua Datang-Dua Tinggal) dalam Menulis Surat Pribadi dan Surat Dinas Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Kalidawir Tulungagung”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran efektif untuk digunakan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen. Bentuk eksperimen yang digunakan adalah Posttest-Only Control. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Probability Sampling jenis Simple Random Sampling dan diperoleh dua kelas yaitu kelas VII H sebagai kelas kontrol dan kelas VII-I sebagai kelas eksperimen. Masing-masing kelas terdiri dari 30 siswa. Data dikumpulkan dengan tes dan wawancara. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan analisis statistik uji T antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Kelas eksperimen yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran Duta-Duti (Dua Datang-Dua Tinggal) sedangkan kelas kontrol yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran konvensional atau ceramah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, rata-rata hasil belajar siswa yang memperoleh pembelajaran dengan model pembelajaran Duta-Duti (Dua Datang Dua Tinggal) diperoleh rata-rata 82,2 sedangkan rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional atau ceramah diperoleh rata-rata 61,6. Selanjutnya pada pengujian perbedaan dua rata-rata hasil belajar siswa,diperoleh thitung=6, 514 dan ttabel=1,701 dengan taraf signifikasi 0,05%. Karena thitung >ttabel maka Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga hasil belajar siswa pada kelas eksperimen lebih baik. Berdasarkan uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Duta-Duti (Dua Datang-Dua Tinggal) efektif digunakan dalam proses pembelajaran bahasa Indonesia khususnya pada materi menulis surat pribadi dan surat dinas kelas VII SMP Negeri 1 Kalidawir Tulungagung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: ANJAR RETNANINGTYASANJAR RETNANINGTYAS 17210163103
Date Deposited: 01 Sep 2020 01:59
Last Modified: 01 Sep 2020 01:59
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/16269

Actions (login required)

View Item View Item