STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI RELIGIUS PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 1 KEDUNGWARU TULUNGAGUNG

17201163087, FITRIA WAHYU WIDYATI (2020) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI RELIGIUS PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 1 KEDUNGWARU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (286kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (207kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (429kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (409kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (187kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (531kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (628kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (194kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (288kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menanamkan Niliai-nilai Religius Peserta Didik di SMAN 1 Kedungwaru Tulungagung” ini ditulis oleh Fitria Wahyu Widyati, NIM 17201163087, pembimbing H. Muh. Nurul Huda, M.A. Kata kunci : Strategi Guru Pendidikan Agama Islam, Nilai-nilai Religius. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya nilai religius bagi peserta didik karena sejatinya ukuran keberhasilan pendidikan juga terletak pada perubahan sikap dan perilaku peserta didik ke arah yang lebih baik. Penanaman nilai religius ini akan memberikan dampak bagi peserta didik dalam kehidupan sehari-hari di sekolah maupun di rumah yang sesuai dengan ajaran agama dan norma-norma kehidupan. Guru memiliki peran strategis dalam pembentukan akhlak peserta didik sehingga fungsi dan perannya bisa di maksimalkan, terutama guru pendidikan agama Islam. Dalam hal ini guru pendidikan agama Islam SMAN 1 Kedungwaru juga ikut berperan dalam menanamkan nilai-nilai religius kepada peserta didiknya sebagai bekal untuk kehidupan yang akan datang sesuai dengan ajaran agama. Adapaun fokus dari penelitian ini adalah: (1) Bagaimana strategi guru pendidikan agama Islam dalam menanamkan nilai-nilai religius ta’aruf kepada peserta didik di SMAN 1 Kedungwaru Tulungagung? (2) Bagaimana strategi guru pendidikan agama Islam dalam menanamkan nilai-nilai religius ta’awun kepada peserta didik di SMAN 1 Kedungwaru Tulungagung? (3) Bagaimana strategi guru pendidikan agama Islam dalam menanamkan nilai-nilai religius tasamuh kepada peserta didik di SMAN 1 Kedungwaru Tulungagung? Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi, dan pengecekan teman sejawat. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa: (1) Strategi guru pendidikan agama Islam dalam menanamkan nilai religius ta’aruf kepada peserta didik yaitu menggunakan strategi pembelajaran ekspositori dan strategi pembelajaran CTL. Upaya yang diterapkan yaitu dengan mengoptimalkan peran guru, diantaranya mentransfer ilmu pengetahuan tentang pentingnya nilai religius ta’aruf, menyelipkan motivasi-motivasi, pembiasaan baik di sekolah. Seperti pembiasaan shalat dhuha berjama’ah setiap pagi dan penciptaan lingkungan yang baik sehingga peserta didik mampu saling mengenal dan bersahabat dengan baik antar sesama. (2) Strategi guru pendidikan agama Islam dalam menanamkan nilai religius ta’awun kepada peserta didik yaitu menggunakan strategi pembelajaran ekspositori dan strategi pembelajaran CTL. Upaya yang diterapkan dalam menanamkan nilai religius ta’awun kepada peserta didik yaitu dengan menasehati, pembiasaan baik yang dilakukan terus menerus, serta pemberian reward dan sanksi. Pembiasaan infaq setiap Jum’at dan pembisaan tolong menolong, sehingga menumbuhkan rasa kepedulian pada diri peserta didik dan senantiasa selalu saling tolong menolong antar sesama. (3) Strategi guru pendidikan agama Islam dalam menanamkan nilai religius tasamuh kepada peserta didik yaitu menggunakan strategi pembelajaran inquiry dan strategi pembelajaran afektif. Upaya yang diterapkan dalam menanamkan nilai religius tasamuh kepada peserta didik yaitu dengan penerapan metode diskusi, presentasi dan tanya jawab, pembiasaan baik seperti mematikan mesin motor saat masuk gerbang, pembiasaan bekerja sama, metode keteladanan dari guru. Melalui contoh yang diberikan guru serta kebiasaan membudayakan senyum, salam, sapa dalam kesehariannya, peserta didik dapat membiasakan berlaku sopan santun, tenggang rasa dan menghargai orang lain.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah
Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: FITRIA WAHYU WIDYATI 17201163087
Date Deposited: 01 Sep 2020 04:38
Last Modified: 01 Sep 2020 04:38
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/16264

Actions (login required)

View Item View Item