ANALISIS KESALAHAN MENULIS TEKS DESKRIPSI SISWA MATHAYOM IV-3 MUSLIM SANTITHAM FOUNDATION SCHOOL THAILAND

OKTAVIA WINDA LESTARI, 17210163022 (2020) ANALISIS KESALAHAN MENULIS TEKS DESKRIPSI SISWA MATHAYOM IV-3 MUSLIM SANTITHAM FOUNDATION SCHOOL THAILAND. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (690kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (427kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (93kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (237kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (342kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (334kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (398kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (463kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (103kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (217kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Analisis Kesalahan Menulis Teks Deskripsi Siswa Mathayom IV-3 Muslim Santitham Foundation School Thailand” ini ditulis oleh Oktavia Winda Lestari, NIM. 17210163022, pembimbing Dra. Siti Zumrotul Maulida, M.Pd.I. Kata kunci : Analisis Kesalahan, Menulis Teks Deskripsi Penelitian kualitatif ini dilandasi dengan studi kasus di lingkungan sekolah yang komunikasinya menggunakan bahasa ibu yakni bahasa Siam atau Thailand dan hanya sedikit yang menggunakan bahasa Melayu. Sehingga bahasa Indonesia tidak tercampur dengan bahasa Melayu. Berdasarkan wawancara dengan guru Bahasa Indonesia dinyatakan bahwa siswa sangat antusias dalam belajar bahasa Indonesia ketika di kelas. Bahasa Indonesia di sekolah ini menjadi bahasa wajib dipelajari setiap siswa. Oleh sebab itu, yang melandasi penelitian ini adalah bahwa bahasa Indonesia dijadikan bahasa asing yang wajib dipelajari oleh siswa. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana kesalahan penyusunan diksi pada teks deskripsi siswa Mathayom IV-3 Muslim Santitham Foundation School Thailand?, (2) bagaimana kesalahan menyusun ide atau tema pada teks deskripsi siswa Mathayom IV-3 Muslim Santitham Foundation School Thailand?, (3) bagaimana kesalahan penggunaan tanda baca pada teks deskripsi siswa Mathayom IV-3 Muslim Santitham Foundation School Thailand?, dan (4) faktor-faktor penyebab kesalahan penulisan pada teks deskripsi siswa Mathayom IV-3 Muslim Santitham Foundation School Thailand. Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan kesalahan penyusunan diksi pada teks deskripsi siswa Mathayom IV-3 Muslim Santitham Foundation School Thailand, (2) untuk mendeskripsikan kesalahan menyusun ide atau tema pada teks deskripsi siswa Mathayom IV-3 Muslim Santitham Foundation School Thailand, (3) untuk mendeskripsikan kesalahan penggunaan tanda baca pada teks deskripsi siswa Matahayom IV-3 Muslim Santitham Foundation School Thailand, dan (4) untuk mendeskripsikan faktor-faktor penyebab kesalahan penulisan pada teks deskripsi siswa Mathayom IV-3 Muslim Santitham Foundation School Thailand. Penelitian ini dilakukan di Muslim Santitham Foundation School Thailand. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Paparan dan analisis data dilakukan dengan teknik pengumpulan data, dokumentasi, mengola data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan cara uji kredibilitas. Uji kredibilitas dalam penelitian ini menggunakan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Kesalahan penyusunan diksi pada teks deskripsi siswa terdapat 78 kalimat, (2) Kesalahan mengembangkan ide atau tema dalam teks deskripsi siswa menjelaskan terlalu sempit dan tidak dikembangkan sesuai ide atau tema yang disepakati, dan (3) Kesalahan penggunaan tanda baca pada teks deskripsi siswa ditemukan kesalahan penggunaan tanda titik (.), tanda koma (,), tanda titik dua (:), tanda hubung (-), dan tanda petik (“...”). Kesalahan penggunaan tanda baca titik sebanyak 59 kalimat, kesalahan tanda baca koma sebanyak 21 kalimat, kesalahan tanda baca titik dua sebanyak 3, kesalahan tanda baca hubung sebanyak 5 kalimat, dan kesalahan tanda baca petik sebanyak 3 kesalahan. Kemudian faktor penyebab terjadinya kesalahan dalam penulisan dikarenakan kurangnya pengetahuan siswa dalam menulis sebuah teks. Siswa tidak memahami betul penggunaan diksi, ide atau tema, dan tanda baca dengan benar. Selain itu, faktor yang mempengaruhi juga dari lingkungan sekolah yang menggunakan bahasa Thailand, sehingga siswa memiliki kosakata yang sedikit. Selanjutnya, tidak adanya pembiasaan berbahasa Indonesia di dalam kelas maupun di luar kelas. Pembelajaran di kelas bahasa Indonesia memiliki waktu sedikit dan bahan ajar atau media yang kurang ketika digunakan guru. Hal tersebut memicu faktor kesalahan menulis siswa Mathayom IV-3 Muslim Santitham Foundation School Thailand.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: Oktavia Winda Lestari 17210163022
Date Deposited: 31 Aug 2020 06:57
Last Modified: 02 Jun 2021 04:05
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/16254

Actions (login required)

View Item View Item