KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF REFLEKTIF DAN IMPULSIF DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR TIGA VARIABEL KELAS X DI SMAN 1 KAUMAN

17204163157, LINTA FUADATIL MUFTIKAH (2020) KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF REFLEKTIF DAN IMPULSIF DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR TIGA VARIABEL KELAS X DI SMAN 1 KAUMAN. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (840kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (429kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (233kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (596kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (960kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (602kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (544kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (160kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (384kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Kemampuan Berpikir Kritis Siswa ditinjau dari Gaya Kognitif Reflektif dan Impulsif dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel Kelas X di Sekolah Menengah Negeri Atas 1 Kauman” ini ditulis oleh Linta Fuadatil Muftikah, NIM. 17204163157, pembimbing Samsul Bakri, S.Pd.I., M.Pd. Kata Kunci : Berpikir Kritis, Gaya Kognitif, SPLTV Penelitian ini dilatarbelakangi oleh berpikir kritis merupakan kemampuan yang sangat esensial untuk kehidupan, pekerjaan, dan berfungsi efektif dalam semua aspek kehidupan di era globalisasi seperti ini. Matematika adalah salah satunya pelajaran yang menuntut siswa untuk berfikir kritis. Setiap siswa memiliki gaya dan kecepatan tempo waktu yang berbeda dalam menerima dan merespon informasi sehingga faktor gaya kognitif perlu diperhatikan. Melalui materi SPLTV siswa akan dilatih untuk berpikir kritis berdasarkan gaya kognitifnya. Kemampuan berpikir kritis perlu ditanamkan kepada siswa supaya mereka dapat mencermati, memahami dan terbiasa untuk berpikir kritis dalam menyelesaikan setiap persoalan. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis siswa dengan gaya kognitif reflektif dalam menyelesaikan masalah matematika materi SPLTV, 2) mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis siswa dengan gaya kognitif impulsif dalam menyelesaikan masalah matematika materi SPLTV. Penelitian ini menggunakan penedekatan kualitatif. Lokasi penelitian ini di SMAN 1 Kauman kelas X MIPA 1 yang berjumlah 34 siswa. Subjek penelitian ini dipilih 4 siswa yaitu 2 siswa dengan gaya kognitif reflektif dan 2 siswa dengan gaya kognitif impulsif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes MFFT, tes kemampuan berpikir kritis, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kedua subjek reflektif dalam menyelesaikan masalah matematika materi SPLTV mempunyai ketercapaian indikator berpikir kritis yang berbeda. Pada tahap memahami masalah dan membuat rencana penyelesaian, kedua subjek mampu memenuhi semua indikator berpikir kritis focus dan reason. Pada tahap melaksanakan rencana, kedua subjek tidak memenuhi indikator berpikir kritis clarity, kedua subjek hanya mampu memenuhi indikator inference dan reason. Perbedaan terlihat pada tahap memeriksa kembali, yaitu salah satu subjek tidak memenuhi indikator berpikir kritis overview; 2) Kedua subjek impulsif dalam menyelesaikan masalah matematika materi SPLTV mempunyai ketercapaian indikator berpikir kritis yang berbeda. Pada tahap memahami masalah, kedua subjek mampu memenuhi indikator berpikir kritis focus. Perbedaan terlihat pada tahap membuat rencana penyelesaian, salah satu subjek tidak memenuhi indikator berpikir kritis reason. Pada tahap melaksanakan rencana dan memeriksa kembali, kedua subjek sama-sama tidak memenuhi semua indikator berpikir kritis.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: LINTA FUADATIL MUFTIKAH 17204163157
Date Deposited: 31 Aug 2020 01:51
Last Modified: 31 Aug 2020 01:51
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/16228

Actions (login required)

View Item View Item