PENGARUH KOMUNIKASI GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI MIN 2 BLITAR

NURUL UMI SALAMAH, 17205163005 (2020) PENGARUH KOMUNIKASI GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI MIN 2 BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (306kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (28kB) | Preview
[img] Text
Bab I.pdf

Download (103kB)
[img]
Preview
Text
Bab II.pdf

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab III.pdf

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab IV.pdf

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab V.pdf

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab VI.pdf

Download (18kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (52kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Komunikasi Guru terhadap Motivasi Belajar Siswa di MIN 2 Blitar” ini ditulis oleh Nurul Umi Salamah, NIM. 17205163005, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Pendidikan Guru Madarsah Ibtidaiyah, IAIN Tulungagung, yang dibimbing oleh Bapak H. Muh. Nurul Huda, M.A. Kata kunci: Komunikasi Interpersonal, Komunikasi Intrapersonal, Motivasi Belajar Penelitian ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomena kurangnya komunikasi interpersonal dan komunikasi intrapersonal yang dilakukan oleh guru terhadap siswa dalam proses pembelajaran. Pada dasarnya kualitas guru dalam mengajar tergolong baik. Akan tetapi masih terdapat beberapa kendala dalam komunikasi interpersonal dan komunikasi intrapersonal guru yang kurang maksimal. Hal tersebut sangat mempengaruhi tingkat motivasi belajar siswa dalam mengikuti pembelajaran. Dengan ini peneliti berusaha mencari data ada atau tidaknya pengaruh komunikasi interpersonal dan komunikasi intrapersonal guru terhadap motivasi belajar siswa di MIN 2 Blitar. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah: 1 ) Adakah pengaruh komunikasi interpersonal guru terhadap motivasi belajar siswa kelas V MIN 2 Blitar? 2) Adakah pengaruh komunikasi intrapersonal guru terhadap motivasi belajar siswa kelas V MIN 2 Blitar? 3) Adakah pengaruh komunikasi interprsonal dan komunikasi intrapersonal guru terhadap motivasi belajar siswa kelas V MIN 2 Blitar?. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui pengaruh komunikasi interpersonal guru terhadap motivasi belajar siswa kelas V MIN 2 Blitar, 2) Untuk mengetahui pengaruh komunikasi intrapersonal guru terhadap motivasis belajar siswa kelas V MIN 2 Blitar, 3) Untuk mengetahui pengaruh komunikasi interpersonal dan komunikasi intrapersonal guru terhadap motivasi belajar siswa kelas V MIN 2 Blitar. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif jenis penelitiannya Survey. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket dan dokumentasi. Angket digunakan untuk memperoleh data tentang komunikasi interpersonal, komunikasi intrapersonal dan motivasi belajar siswa kelas V MIN 2 Blitar. Pengolahan data menggunakan uji validitas, uji reabilitas, uji normalitas, uji linieritas, uji multikolinieritas, uji heteroskedastisitas dan uji regeresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan 1) Adanya pengaruh positif dan signifikan antara komunikasi interpersonal guru terhadap motivasi belajar siswa kelas V MIN 2 Blitar. Hal ini berdasarkan perhitungan dari analisis uji regresi linier berganda melalui uji T (T-test) yaitu uji secara parsial. Hasilanalisisnya yaitu nilai thitung > ttabel sebesar 4,876 > 2,011 dan nilai Sig. 0,000 < 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat korelasi yang signifikan antara komunikasi interpersonal guru terhadap motivasi belajar siswa di MIN 2 Blitar. 2) Tidak ada pengaruh positif dan signifikan antara komunikasi intrapersonal terhadap motivasi belajar siswa kelas V MIN 2 Blitar. Hal ini berdasarkan perhitungan dari analisis uji regresi linier berganda melalui uji T (T-test) yaitu uji secara parsial. Hasil analisisnya yaitu nilai thitung > ttabel sebesar -,993 < 2,011 dan nilai Sig. 0,326 > 0,05, maka Ho diterima dan Ha ditolak sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa tidak terdapat korelasi yang signifikan antara komunikasi intrapersonal guru terhadap motivasi belajar siswa di MIN 2 Blitar. 3) Adanya pengaruh positif dan signifikan antara komunikasi interpersonal dan komunikasi intrapersonal guru terhadap motivasi belajar siswa kelas V MIN 2 Blitar. Hal ini berdasarkan perhitungan dari analisis uji regresi berganda melalui uji F (F test) yaitu uji secara bersama-sama. Hasil analisisnya yaitu Fhitung (11,894) > Ftabel (1,677) dan signifikan 0,000 < 0,05 maka Ha diterima dan H0 ditolak. Jadi dapat disimpulkan ada pengaruh positif dan signifikan komunikasi interpersonal dan komunikasi intrapersonal guru terhadap motivasi belajar siswa di MIN 2 Blitar. Dengan demikian hipotesis nihil ditolak dan hipotesis kerja diterima. Tingkat pengaruh komunikasi guru terhadap motivasi belajar siswa di MIN 2 Blitar termasuk dalam kategori tinggi atau kuat.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: NURUL UMI SALAMAH 17205163005
Date Deposited: 28 Aug 2020 06:25
Last Modified: 06 May 2021 06:59
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/16221

Actions (login required)

View Item View Item