IDENTIFIKASI KECEMASAN MATEMATIKA PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATERI LIMIT FUNGSI ALJABAR KELAS XI MIA-2 DI MAN 3 BLITAR

17204163153, ELI NAILATUL MUBTADI’AH (2020) IDENTIFIKASI KECEMASAN MATEMATIKA PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATERI LIMIT FUNGSI ALJABAR KELAS XI MIA-2 DI MAN 3 BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (440kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (244kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (546kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (486kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (474kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (970kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (425kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (192kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (327kB)

Abstract

ABSTRAK Eli Nailatul Mubtadi’ah, 17204163153, 2020. Skripsi dengan judul “Identifikasi Kecemasan Matematika Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal Materi Limit Fungsi Aljabar Kelas XI Mia-2 di MAN 3 Blitar”. Skripsi Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) IAIN Tulungagung yang dibimbing oleh Bapak Nur Cholis, S.Pd.I. M.Pd. Kata Kunci: Kecemasan Matematika, Menyelesaikan Soal, Materi Limit Fungsi Aljabar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh citra tentang sulitnya pelajaran matematika yang dialami oleh peserta didik akan menyebabkan ketidaktertarikan peserta didik terhadap matematika, juga menumbuhkan perasaan takut berlebihan sehingga dapat menyebabkan kecemasan pada diri peserta didik ketika mereka harus berhadapan dengan soal-soal matematika. Untuk mengetahui kecemasan matematika peserta didik perlu adanya proses menyelesaikan soal. Dalam menyelesaikan soal, peserta didik memiliki kemampuan yang berbeda-beda, sehingga kemungkinan kecemasan matematika yang ditimbulkan juga berbeda-beda. Selain itu ada beberapa faktor yang menyebabkan peserta didik mengalami tingkat kecemasan yang berbeda-beda. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui tingkat kecemasan matematika dan faktor penyebab kecemasan matematika peserta didik dalam menyelesaikan soal limit fungsi aljabar kelas XI Mia-2 di MAN 3 Blitar. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian studi kasus dengan sumber data penelitian adalah siswa kelas XI Mia-2 di MAN 3 Blitar, kemudian berdasarkan pertimbangan hasil kuesioner, hasil tes siswa dalam menyelesaikan soal limit fungsi aljabar dan juga berdasarkan hasil pertimbangan dari guru kelas terdapat 6 siswa sebagai subjek wawancara yang terdiri dari 2 siswa dengan kategori tingkat kecemasan berat, 2 siswa dengan kategori kecemasan sedang, dan 2 kategori dengan kecemasan ringan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner kecemasan ZSRAS (Zung Self-Rating Anxiety Scale), tes tulis dengan materi limit fungsi aljabar, dan wawancara. Teknik analisis data yang dilakukan melalui tahab reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) tingkat kecemasan matematika peserta didik dalam menyelesaikan soal diperoleh: kecemasan matematika ringan sebanyak 6 peserta didik, kecemasan matematika sedang sebanyak 19 peserta didik dan kecemasan matematika berat sebanyak 4 peserta didik. (2) Faktor yang menyebabkan kecemasan matematika peserta didik dalam menyelesaikan soal, yaitu rasa malas belajar, metode pembelajaran kurang menarik, kurangnya waktu untuk belajar matematika, lebih mengutamakan pelajaran lain, mood yang berubah-ubah, kurang teliti dalam mengerjakan soal, kurang menguasai rumus, dan kurang minat belajar matematika.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: ELI NAILATUL MUBTADI’AH 17204163153
Date Deposited: 31 Aug 2020 00:56
Last Modified: 31 Aug 2020 00:56
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/16219

Actions (login required)

View Item View Item