Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMPN 1 Ngunut Materi Aritmetika Sosial Tahun Ajaran 2019/2020

TIKA WAHYUNING TYAS, 17204163090 (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMPN 1 Ngunut Materi Aritmetika Sosial Tahun Ajaran 2019/2020. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (958kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (544kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (259kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (627kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (601kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (354kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (988kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (407kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (444kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (158kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMPN 1 Ngunut Materi Aritmetika Sosial Tahun Ajaran 2019/2020” ini ditulis oleh Tika WahyuningTyas, NIM. 17204163090, pembimbing Dr. Dewi Asmarani, M.Pd. Kata Kunci : Model Pembelajaran Problem Based learning (PBL), Motivasi, Hasil belajar, Aritmetika Sosial. Penelitian ini dilatarbelakangioleh masih banyaknya siswa yang mempunyai motivasi rendah dalam belajar matematika sehingga menyebabkan siswa malas atau tidak ada kemauan untuk belajar. Dengan rendahnya motivasi belajar siswa akan mengakibatkan hasil belajar yang menurun. Oleh karena itu,motivasi dapat ditingkatkan salah satunya dengan memberikan berbagai model pembelajaran yang lebih variatifsehingga siswa tidak bosan dengan kegiatan pembelajaran yang berlangsung di dalam kelas, salah satu model yang dapat digunaan yaitu model pembelajaran problem based learning (PBL). Melalui model pembelajaran problem based learning (PBL) pembelajaranakan lebih menarik dan bermakna karena materi pelajaran dikaitkan dengan masalah-masalah kehidupan sehari-hari. Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui adanya pengaruh penggunaan model Problem Based Learning (PBL) terhadap motivasi belajar matematika siswa, (2) Untuk mengetahui adanya pengaruh penggunaan model Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar matematika siswa, (3) Untuk mengetahui adanya pengaruh penggunaan model Problem Based Learning (PBL) terhadap motivasi dan hasil belajar matematika siswa kelas VII SMPN 1 Ngunut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan jenis Quasi Eksperimental dengan model eksperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 1 Ngunut.Teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling.Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VII-J (kelas eksperimen) dankelas VII-K (kelas kontrol).Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan tes.Teknik analisis data yang digunakan adalah Uji MANOVA. Berdasarkan hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa: (1) Ada pengaruh penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap motivasi belajar siswa. Terbukti dengan nilai signifikan 0,029<0,05, (2) Ada pengaruh penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar siswa. Terbukti dengan nilai signifikan 0,000<0,05, (3) Ada pengaruh penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap motivasi dan hasil belajar siswa. Terbukti dengan nilai signifikan 0,000<0,05.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Tika Wahyuning Tyas 17204163090
Date Deposited: 28 Aug 2020 02:59
Last Modified: 31 May 2021 04:35
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/16208

Actions (login required)

View Item View Item