PENGARUH KEDISIPLINAN DAN MOTIVASI TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN FIKIH DI MTS ASSYAFI’IYAH GONDANG TULUNGAGUNG

SUKMA INDAH LESTARI, 17201163260 (2020) PENGARUH KEDISIPLINAN DAN MOTIVASI TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN FIKIH DI MTS ASSYAFI’IYAH GONDANG TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (227kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (35kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (41kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Kedisiplinan Dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Fikih Di MTs Assyafi’iyah Gondang Tulungagung” ini ditulis oleh Sukma Indah Lestari. NIM. 17201163260, Pembimbing Prof. Dr. Drs. H. Munardji, M.Ag. Kata Kunci: Kedisiplinan, motivasi, dan Hasil Belajar. Penelitian ini dilatar belakangi adanya teori yang dikemukakan Ekosiswoyo dan Rachman yang menyatakan bahwa kedisiplinan adalah pernyataan mental individu yang mencerminkan rasa ketaatan dan kepatuhan yang didukung oleh kesadaran untuk menunaikan tugas dan kewajiban dalam rangka pencapaian tujuan. Sedangkan, teori motivasi dilatar belakangi oleh teori Hirearki Kebutuhan Maslow yang membagi kebutuhan manusia ada lima yang mulai dari kebutuhan pokok sebelum mengarahkan perilaku kearah kebutuhan yang paling tinggi. Apabila kebutuhan seseorang sangat kuat, maka semakin kuat pula motivasi tersebut menggunakan perilaku yang mengarah pada pamuasan kebutuhannya. Motivasi sendiri ada dua jenis yaitu motivasi intrinsik dan motivasi ekstrinsik. Namun, dalam kehidupan sehari-hari peserta didik belum sepenuhnya mematuhi tata tertib dan peraturan yang dibuat oleh sekolah. Karena tingkat kedisiplinan kurang maka mereka cenderung ramai, sehingga kurang efektif dalam proses pembelajaran. Tak hanya kedisiplinan saja, namun motivasi juga mempengaruhi dalam cara berperilaku peserta didik dalam proses pembelajaran tersebut, dimana motivasi dalam pembelajaran adalah sesuatu yang menggerakan atau menggerakan atau mendorong peserta didik untuk menguasai materi pelajaran yang diikutinya. Tanpa motivasi, peserta didik tidak akan tertarik dan tidak serius dalam mengikuti pembelajaran. Berdasarkan hal tersebut peneliti ingin menguji teori tersebut unruk mengetahui pengaruh kedisiplinan dan motivasi terhadap hasil belajar peserta didik. Rumusan masalah dalam penelitian skripsi ini adalah 1) adakah pengaruh kedisiplinan terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran fiqh di MTs Assyafi’yah Gondang Tulungagung? 2) Adakah pengaruh motivasi terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran fiqh di MTs Assyafi’yah Gondang Tulungagung?3) Adakah pengaruh antara kedisiplinan dan motivasi terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran fiqh di MTs Assyafi’yah Gondang Tulungagung? Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Adapun yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik di MTs Assyafi’iyah Gondang Tulungagung sebanyak 307. Jumlah sampel 24 peserta didik untuk uji coba dan 50 peserta didik untuk penelitian. Teknik sampling yang digunakan purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan instrumen angket dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik anailisis regresi linier sederhana dan analisi regresi linier berganda.Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa: 1) berdasarkan uji analisis regresi linier sederhana diperoleh Fhitung 68,054 yang lebih besar dari Ftabel 3,024 yang signifikansi 0,000 lebih kecil dari 0,05. Untuk thitung memperoleh 8,249 yang lebih besarttabel 2,011 dan signifikansinya sebesar 0,000 yang lebih kecil dari 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil penelitian rumusan masalah 2) berdasarkan hasil uji analisis regresi linier sederhana diperoleh Fhitung 7,110 yang lebih besar dari Ftabel 3,204 yang signifikansi 0,000 lebih kecil dari 0,05. Untuk thitung memperoleh 2,666 yang lebih besar ttabel 2,011 dan signifikansinya sebesar 0,000 yang lebih kecil dari 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil penelitian rumusan masalah 3) berdasarkan hasil uji analisis regresi linier berganda diperoleh Fhitung 34,821 yang lebih besar dari Ftabel 3,204 yang signifikansi 0,000 lebih kecil dari 0,05. Untuk thitung memperoleh 7,389 yang lebih besar ttabel 2,011 dan signifikansinya sebesar 0,000 yang lebih kecil dari 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kedisiplinan dan motivasi berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Fiqh di MTs Assyafi`iyah Gondang Tulungagung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: SUKMA INDAH LESTARI 17201163260
Date Deposited: 02 Sep 2020 04:47
Last Modified: 07 May 2021 02:56
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/16191

Actions (login required)

View Item View Item