PENGARUH KEBIASAAN MEMBACA AL-QUR’AN TERHADAP PERILAKU KEAGAMAAN DAN HASIL BELAJAR FIKIH PESERTA DIDIK DI MTs MA’ARIF NU 2 SUTOJAYAN BLITAR

17201163259, ELITA DHIAZ PRAMUDITA (2020) PENGARUH KEBIASAAN MEMBACA AL-QUR’AN TERHADAP PERILAKU KEAGAMAAN DAN HASIL BELAJAR FIKIH PESERTA DIDIK DI MTs MA’ARIF NU 2 SUTOJAYAN BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (306kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (397kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (252kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (587kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (908kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (258kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (695kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (646kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (194kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (336kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Kebiasaan Membaca Al-Qur’an terhadap Perilaku Keagamaan dan Hasil Belajar Fikih Peserta Didik di MTs Ma’arif NU 2 Sutojayan Blitar” ini ditulis oleh Elita Dhiaz Pramudita, NIM. 17201163259, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung, yang dibimbing oleh Bapak Dr. Muhamad Zaini, M. A. Kata Kunci: Kebiasaan Membaca Al-Qur’an, Perilaku Keagamaan, Hasil Belajar Fikih Salah satu permasalahan yang mengarah pada peserta didik di era sekarang yaitu ketertarikan peserta didik dalam membaca Al-Qur’an sangatlah minim. Perilaku peserta didik terlihat jauh dari nilai-nilai dan etika Al-Qur’an. Membiasakan diri membaca Al-Qur’an dapat memberikan terapi perubahan pada perilaku negatif dan berpengaruh pada bertambahnya kualitas keimanan peserta didik yang tercermin dalam ibadah dan akhlak. Membaca Al-Qur’an juga dapat meningkatkan sistem konsentrasi dan kecerdasan pada otak, serta dapat meningkatkan daya ingat. Semakin kuat daya ingat, semakin mudah menghafal materi-materi yang telah dipelajari, sehingga dapat mempengaruhi hasil belajar peserta didik. Rumusan masalah penelitian ini adalah: 1) Adakah pengaruh kebiasaan membaca Al-Qur’an terhadap perilaku keagamaan peserta didik di MTs Ma’arif NU 2 Sutojayan Blitar, 2) Adakah pengaruh kebiasaan membaca Al-Qur’an terhadap hasil belajar fikih peserta didik di MTs Ma’arif NU 2 Sutojayan Blitar, dan 3) Adakah pengaruh kebiasaan membaca Al-Qur’an terhadap perilaku keagamaan dan hasil belajar fikih peserta didik di MTs Ma’arif NU 2 Sutojayan Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitiannya korelasional. Metode pengumpulan data penelitian ini menggunakan angket dan dokumentasi. Angket digunakan untuk memperoleh data tentang kebiasaan membaca Al-Qur’an dan perilaku keagamaan peserta didik di MTs Ma’arif NU 2 Sutojayan Blitar. Dokumentasi digunakan untuk memperoleh data hasil belajar fikih peserta didik di MTs Ma’arif NU 2 Sutojayan Blitar. Pengolahan data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji homogenitas, uji normalitas, uji linieritas, uji regresi linier sederhana dan uji MANOVA. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa: (1) Kebiasaan membaca Al-Qur’an mempunyai pengaruh positif yang signifikan terhadap perilaku keagamaan peserta didik di MTs Ma’arif NU 2 Sutojayan Blitar, berdasarkan uji regresi linier sederhana diperoleh signifikansi 0,000. Berdasarkan kriteria pengambilan keputusan 0,000 < 0,05, maka Ha diterima dan Ho ditolak. (2) Kebiasaan membaca Al-Qur’an mempunyai pengaruh positif yang signifikan terhadap hasil belajar fikih peserta didik di MTs Ma’arif NU 2 Sutojayan Blitar, berdasarkan uji regresi linier sederhana diperoleh signifikansi 0,002. Berdasarkankriteria pengambilan keputusan 0,002 < 0,05, maka Ha diterima dan Ho ditolak. (3) Kebiasaan membaca Al-Qur’an mempunyai pengaruh positif yang signifikan terhadap perilaku keagamaan dan hasil belajar fikih peserta didik di MTs Ma’arif NU 2 Sutojayan Blitar, berdasarkan uji MANOVA diperoleh signifikansi 0,000. Berdasarkan kriteria pengambilan keputusan 0,000 < 0,05, maka Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa kebiasaan membaca Al Qur’an berpengaruh terhadap perilaku keagamaan dan hasil belajar fikih di MTs Ma’arif NU 2 Sutojayan Blitar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ELITA DHIAZ PRAMUDITA 17201163259
Date Deposited: 02 Sep 2020 04:54
Last Modified: 02 Sep 2020 04:54
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/16190

Actions (login required)

View Item View Item