PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINKING ALOUD PAIR PROBLEM SOLVING (TAPPS) TERHADAP HASIL BELAJAR DAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL KELAS VIII DI MTsN 10 NGANJUK

17204163096, LIKA NOVITA ASTUTI (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINKING ALOUD PAIR PROBLEM SOLVING (TAPPS) TERHADAP HASIL BELAJAR DAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL KELAS VIII DI MTsN 10 NGANJUK. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (964kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (761kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (263kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (571kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (770kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (792kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (975kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (532kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (195kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (314kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) terhadap Hasil Belajar dan Minat Belajar Matematika Siswa pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel Kelas VIII di MTsN 10 Nganjuk” yang ditulis oleh Lika Novita Astuti, NIM 17204163096, dibimbing oleh Dra.Hj. Umy Zahroh.M.Kes.,Ph.D Kata Kunci: Model Thinking Aloud Pair Problem Solving, Hasil Belajar, Minat Belajar, Sistem Persamaan Linier Dua Variabel. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa dengan ketidak aktifan siswa dan ketidak minatan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran. Kurang aktifnya siswa disebabkan karena siswa hanya mendapatkan model pembelajaran yang konvensional dimana dalam pembelajaran guru hanya mentransfer pengetahuan pada pikiran siswa, siswa menerima pengetahuan pasif, dan siswa merasa sulit untuk dikerjakan sendiri, sehingga pencapaian belajar menjadi kurang maksimal. Dengan demikian diperlukan model pembelajaran yang memungkinkan untuk membuat siswa aktif dalam mengikuti proses pembelajaran. Salah satu model pemebelajaran yang dapat dipilih yaitu Thinking Aloud Pair Problem Solving. Model pemebelajaran ini melibatkan proses berfikir dan berbicara yang dilakukan secara bersama sehingga siswa mampu memecahkan masalah secara mudah yang dapat meningkatkan minat siswa dan menjadikan proses pembelajaran secara aktif. Tujuan penelitian ini adalah 1)untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran TAPPS terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi sistem persamaan linier dua variabel kelas VIII di MTsN 10 Nganjuk, 2) untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran TAPPS terhadap minat belajar matematika siswa pada materi sistem persamaan linier dua variabel kelas VIII di MTsN 10 Nganjuk, 3) untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran TAPPS terhadap hasil belajar dan minat belajar matematika siswa pada materi sistem persamaan linier dua variabel kelas VIII di MTsN 10 Nganjuk. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitiannya Quasi Eksperimen design bentuk Nonequivalent Control Group Desighn. Variabel bebas pada penelitian ini yaitu model pembelajaran TAPPS sedangkan variabel terikatnya yaitu hasil belajar dan minat belajar siswa. Populasinya merupakan siswa kelas VIII MTsN 10 Nganjuk yang terdiri dari 5 kelas. Teknik sampling yang digunakan yaitu simple random sampling. Sampel yang digunakan yaitu kelas VIII A berjumlah 32 siswa dan kelas VIII B berjumlah 32 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan tes, angket, dan dokumentasi. Uji analisis datanya menggunakan MANOVA. Berdasarkan hasil penelitiannya ini dapat disimpulkan bahwa: 1) Ada pengaruh model pembelajaran TAPPS terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi sistem persamaan linier dua variabel kelas VIII di MTsN 10 Nganjuk, pada taraf signifikansi sebesar 0,000. 2) Ada pengaruh model pembelajaran TAPPS terhadap minat belajar matematika siswa pada materi sistem persamaan linier dua variabel kelas VIII di MTsN 10 Nganjuk, pada taraf signifikansi sebesar 0,030. 3) Ada pengaruh model pembelajaran TAPPS terhadap hasil belajar dan minat belajar matematika siswa pada materi sistem persamaan linier dua variabel kelas VIII di MTsN 10 Nganjuk, pada taraf signifikansi sebesar 0,001 .

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: LIKA NOVITA ASTUTI 17204163096
Date Deposited: 26 Aug 2020 02:35
Last Modified: 26 Aug 2020 02:35
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/16185

Actions (login required)

View Item View Item