KESALAHAN SISWA MENGERJAKAN SOAL CERITA PROGRAM LINEAR KELAS XI BERDASARKAN KRITERIA WATSON DI MA MA’ ARIF PONGGOK BLITAR

17204163127, KRISTIA NINGSIH (2020) KESALAHAN SISWA MENGERJAKAN SOAL CERITA PROGRAM LINEAR KELAS XI BERDASARKAN KRITERIA WATSON DI MA MA’ ARIF PONGGOK BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (721kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (321kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (135kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (414kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (478kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (169kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (373kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (146kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (222kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Program Linear Kelas XI Berdasarkan Kriteria Watson di MA Ponggok Blitar” yang ditulis oleh Kristia Ningsih, NIM. 17204163127, pembimbing Miswanto, M. Pd. Kata Kunci: Kesalahan, Soal Cerita Program Linear, Kriteria Watson Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal cerita progrma linear. Soal cerita merupakan wujud dari pemecahan masalah matematika sekolah, dimana pemecahan masalah merupakan salah satu kemampuan matematika yang harus dikuasai oleh siswa. Oleh karena itu, diperlukan analisis letak kesalahan yang dilakukan siswa yang selanjutnya akan digunakan untuk mencari solusi untuk meminimalisir kesalahan dan meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan mendeskripsikan letak kesalahan siswa dengan kemampuan matematika rendah, sedang dan tinggi kelas XI IIS MA Ma’Arif Ponggok dalam menyelesaikan soal cerita program linear berdasarkan kriteria watson. Serta untuk mengidentifikasi kriteria kesalahan watson yang banyak dipenuhi siswa dalam menyelesaikan soal cerita program linear. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini yaitu 6 siswa kelas XI IIS MA Ma’Arif Ponggok yaitu 2 siswa dengan kemampua matematika rendah, 2 siswa dengan kemampuan matematika sedang dan 2 siswa dengan kemampuan matematika tinggi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu berupa observasi, tes tulis, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunka yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kesalahan yang dipenuhi oleh (1) siswa dengan kemampuan matematika rendah yaitu data tidak tepat (id), prosedur tidak tepat (ip), data hilang (od), kesimpulan hilang (oc), manipulasi tidak langsung (um), masalah hierarki keterampilan (shp), dan selain ketujuh kategori (oa); (2) siswa dengan kemampuan matematika sedang yaitu data tidak tepat (id), prosedur tidak tepat (ip), data hilang (od), manipulasi tidak langsung (um), masalah hierarki keterampilan (shp), dan selain ketujuh kategori (oa); dan (3) siswa dengan kemampuan matematika tinggi yaitu prosedur tidak tepat (ip), kesimpulan hilang (oc), dan selain ketujuh kategori (oa). Kriteria kesalahan yang banyak dipenuhi siswa yaitu kategori kesalahan prosedur tidak tepat (ip) dan selain ketujuh kategori lain atau (ao) yaitu sebnayk 100% siswa yang memenuhi, kategori kesalahan kesimpuna hilang (oc) yaitu sebanyak 66.67%, kategori kesalahan id atau data tidak tepat, od atau data hilang, um atau maniulasi tidak langsung, dan shp atau masalah hierarki keterampilan masing-masing dipenuhi oleh 50% siswa.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Menengah
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: KRISTIA NINGSIH 17204163127
Date Deposited: 25 Aug 2020 07:05
Last Modified: 25 Aug 2020 07:05
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/16170

Actions (login required)

View Item View Item