STRATEGI GURU DALAM IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KURIKULUM 2013 PADA KELAS III DI MI SALAFIYAH KALIRONG KECAMATAN TAROKAN KABUPATEN KEDIRI

17205163278, IIN IKA NURAINI (2020) STRATEGI GURU DALAM IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KURIKULUM 2013 PADA KELAS III DI MI SALAFIYAH KALIRONG KECAMATAN TAROKAN KABUPATEN KEDIRI. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (771kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (159kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (17kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (408kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (560kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (313kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (578kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (218kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (154kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (197kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru dalam Implementasi Pembelajaran Kurikulum 2013 pada Kelas III di MI Salafiyah Kalirong Kecamatan Tarokan Kabupaten Kediri” ini ditulis oleh Iin Ika Nuraini, NIM. 17205163278, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung Tahun 2020, dibimbing oleh Dr. Sokip, M.Pd.I. Kata Kunci: Strategi Guru, Implementasi Pembelajaran Kurikulum 2013 Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya kesiapan guru dalam implementasi pembelajaran kurikulum 2013, hal tersebut karena kurangnya pemahaman tentang implementasi kurikulum 2013 membuat guru mengajar dengan cara lama, alhasil kurikulum 2013 hanya kulitnya saja isi tetap kurikulum lama. Maka dari itu kepala madrasah MI Salafiyah Kalirong selalu menghimbau kepada guru-guru khususnya guru kelas III untuk menggunakan strategi pembelajaran agar tujuan pembelajaran dapat tercapai. Yang menjadi objek peneltian dalam penelitian ini adalah Kelas III di MI Salafiyah Kalirong. Lokasi penelitian dekat dengan rumah peneliti dan belum ada penelitian serupa yang dilakukan di madrasah tersebut. Fokus penelitian ini adalalah Strategi Guru dalam Implementasi Pembelajaran Kurikulum 2013 pada Kelas III di MI Salafiyah Kalirong Kec. Tarokan Kab. Kediri, yaitu ditinjau dari : 1) Bagaimana strategi perencanaan yang dilakukan guru kelas III dalam pembelajaran 2013 di MI Salafiyah Kalirong Kec. Tarokan Kab. Kediri. 2) Bagaimana strategi pelaksanaan yang dilakukan guru kelas III dalam pembelajaran kurikulum 2013 di MI Salafiyah Kalirong Kec. Tarokan Kab. Kediri. 3) Bagaimana strategi penilain yang dilakukan guru kelas III dalam pembelajaran kurikulum 2013 di MI Salafiyah Kalirong Kec. Tarokan Kab. Kediri. Metode penelitian dalam skripsi ini bersifat deskriptif kualitatif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati. Teknik pengumpulan data adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan temuan data menggunakan credibility, transferability, depenability, dan confirmability Hasil penelitian ini ialah sebagai berikut: 1) Guru mengembangkan perencanaan pembelajaran dengan cara file yang ada dari pusat di sesuaikan dengan penerapanya di lapangan dan disesuaikan dengan materi yanga akan di ajarkan. 2) pelaksanaan pembelajaran dilakukan dengan baik, guru memunculkan pendekatan saintifik (mengamati, menanya, mencoba, mengasosiasi dan mengkomunikasikan) dalam pembelajaran. 3) Penilaian pembelajaran yang dilakuakn guru diambil dari penilaian afektif, kognitif dan psikomotor.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: IIN IKA NURAINI 17205163278
Date Deposited: 25 Aug 2020 03:10
Last Modified: 25 Aug 2020 03:10
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/16161

Actions (login required)

View Item View Item