PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IPSBERBASIS FILM PENDEK UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA IPS TERPADU KELAS VIII DI MTs ASSYAFI'IYAH GONDANG TULUNGAGUNG

INDRA LUTVIA WAHYUNI, 17209163001 (2020) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IPSBERBASIS FILM PENDEK UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA IPS TERPADU KELAS VIII DI MTs ASSYAFI'IYAH GONDANG TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (885kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (761kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (200kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (364kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (420kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (490kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (109kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (324kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya peserta didik yang kurang berminat pada mata pelajaran IPS khususnya pada materi sejarah nasional. Berdasarkan hasil observasi yang telah dilakukan oleh peneliti ketika Magang I dan Magang II banyak ditemukan permasalahan pada saat proses pembelajaran seperti tidak mendengarkan ketika guru sedang menjelaskan materi pelajaran, bermain dengan alat tulis yang dimiliki, berbicara dengan teman sebangku serta berjalan-jalan untuk pindah tempat duduk dan penggunaan media pembelajaran yang belum efektif. Sehingga perlu dirancang agar pada proses pembelajaran lebih menyenangkan dan menarik yaitu salah satunya dengan memanfaatkan penggunaan media pembelajaran. Media pembelajaran yang digunakan secara efektif dapat menunjang tercapainya tujuan pada pembelajaran tersebut. Dengan menggunakan media pembelajaran seperti film pendek ini, diharapkan dapat menumbuhkan minat belajar peserta didik tehadap materi sejarah nasional yang dianggap peserta didik materi yang palinga membosankan dan tidak menarik. Rumusan maslah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana langkah-langkah pengembangan media pembelajaran IPS berbasis film pendek untuk meningkatkan minat belajar siswa pada materi sejarah nasional kelas VIII di MTs Assyafi’iyah Gondang Tulungagung 2019/2020? (2) Bagaimana tingkat kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan media pembelajaran IPS berbasis film pendek untuk meningkatkan minat belajar siswa pada materi sejarah nasional kelas VIII di MTs Assyafi’iyah Gondang Tulungagung 2019/2020? Adapun tujuan dari penelitian ini adalah mengambangkan media pembelajaran IPS berbasis film pendek untuk meningkatkan minat belajar siswa pada materi sejarah nasional kelas VIII di MTs Assyafi’iyah Gondang. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan yang digunakan untuk menghasilkan suatu produk. Prosedur penelitian dan pengembangan yang digunakan terdiri dari penelitian dan pengumpulan data, perencanaan, pengembangan draf produk, validasi produk, revisi produk, dan uji coba lapangan. Penelitian ini di laksanakan di MTs Assyafi’iyah Gondang Tulungagung dengan subyek penelitian kelas VIII C. Data penelitian ini didapat melalui analisis awal, angket validasi, lembar pengamatan aktivitas peserta didik, serta niali pre-test dan post-test. Data kemudian dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif untuk keperluan evaluasi media. Hasil uji validasi ahli media menujukkan bahwa media pembelajaran memenuhi kriteria valid dengan rata-rata presentase 94,17%. Hasil validasi ahli materi menunjukkan media memenuhi kriteria valid dengan rata-rata presentase 89.62%. Sedangkan hasil validasi yang dilakukan oleh guru menunjukkan bahwa media pembelajaran memenuhi kriteria valid dengan rata-rata presentase 88,42%. Hasil uji kepraktisan menunjukkan media telah memenuhi media telah memenuhi 4 kriteria kepraktisan, yaitu hasil angket respon peserta didik menyatakan bahwa produk praktisa untuk digunakan, nilai ketuntasan hasil belajar peserta didik lebih dari 75% yaitu 83,88%, serta analisis pengamatan aktivitas peserta didik menunjukkan presentase siswa bertanya 29,03% yang berarti media praktis atau dapat digunakan dengan sedikit revisi. Hasil uji keefektifan media menujukkam bahwa pada pengujian hipotesis menggunakan Paired Samples Test data hasil tes diperoleh nilai sig. (2-tailed) = 0,000. Karena nilai sig. (2-tailed) kurang dari taraf signifikansi = 0,05 yaitu 0,000 < 0,005 artinya terdapat perbedaan minat belajar peserta didik yang signfikan antara sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran IPS berbasis film pendek. Hasil ini terbukti dari nilai rata-rata pre-test < post-test yaitu 68,13 < 82,42. Dengan demikian, media pembelajaran ini dapat dinyatakan efektif dalam meningkatkan minat belajar peserta didik yang dilihat melalui nilai hasil belajar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS
Depositing User: Indra Lutvia Wahyuni 17209163001
Date Deposited: 15 Oct 2020 02:58
Last Modified: 15 Oct 2020 02:58
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/16140

Actions (login required)

View Item View Item