KREATIVITAS GURU DALAM MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN PADA PELAJARAN TEMATIK DI MIN 5 TULUNGAGUNG

ANISA FADHILA, 17205163187 (2020) KREATIVITAS GURU DALAM MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN PADA PELAJARAN TEMATIK DI MIN 5 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (504kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (484kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (518kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (897kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (315kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (473kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (410kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (283kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Kreativitas Guru dalam Menggunakan Metode Pembelajaran pada Pelajaran Tematik di MIN 5 Tulungagung” ini ditulis oleh Anisa Fadhila, NIM 17205163187, dibimbing oleh Bapak Saiful Bahri, S.Ag., M.Pd.I Kata Kunci : Kreativitas guru, Metode Pembelajaran, dan Pelajaran Tematik Penelitian ini dilatar belakangi perlunya kreativitas guru dalam proses belajar mengajar merupakan faktor yang mempengaruhi keberhasilan pembelajaran. Hal ini, peneliti menghubungkan bagaimana kreativitas guru dalam menggunakan metode pembelajaran pada pelajaran tematik di MIN 5 Tulungagung. Fokus penelitian yang dikaji dalam skripsi ini adalah: (1) Bagaimana kreativitas guru dalam menggunakan metode ceramah pada pelajaran tematik di MIN 5 Tulungagung?, (2) Bagaimana kreativitas guru dalam menggunakan metode diskusi pada pelajaran tematik di MIN 5 Tulungagung?, (3) Bagaimana kreativitas guru dalam menggunakan metode tanya jawab pada pelajaran tematik di MIN 5 Tulungagung?. Adapun tujuan peneliti ini adalah untuk mendeskripsikan terkait kreativitas guru dalam menggunakan metode ceramah, diskusi, dan tanya jawab pada pelajaran tematik di MIN 5 Tulungagung. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian lapangan untuk menganalisis data-data berupa kalimat atau kata. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui observasi partisipan, wawancara semi terstruktur, dan dokumentasi. Data analisis dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data .Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Dari hasil penelitian yang telah diperoleh di lapangan menyebutkan bahwa guru tematik di MIN 5 Tulungagung memiliki kreativitas yang beragam dalam proses pembelajaran yang berlangsung. Kreativitas guru tematik dalam menggunakan metode ceramah berupa: (a) Kreativitas guru menggunakan metode ceramah divariasikan dengan menggunakan media pembelajaran, contohnya seperti gambar dan alat peraga, (b) Ketika menerapkan metode ceramah, guru tematik memvariasikan dengan menggunakan metode pembelajaran lain, contohnya berupa metode diskusi, metode tanya jawab maupun metode simulasi, (c) Guru bertindak kreatif memberikan stimulus berupa tepuk semangat dan menyanyi untuk meningkatkan gairah belajar peserta didik. (2) Kreativitas guru tematik dalam menggunakan metode diskusi di MIN 5 Tulungagung berupa: (a) Kreativitas guru menggunakan metode diskusi, divariasikan dengan menggunakan Model pembelajaran Cooperative Learning, (b) Guru bertindak kreatif dengan memberikan ice breaking dalam waktu-waktu tertentu, (c) Guru bertindak kreatif menerapkan metode diskusi divariasikan dengan menggunakan media pendukung seperti LCD Proyektor (audio visual). (3) Kreativitas guru tematik dalam menggunakan metode tanya jawab di MIN 5 Tulungagung berupa: (a) Kreativitas guru dalam menerapkan metode tanya jawab divariasikan dengan menggunakan metode permainan (game) bertujuan agar pembelajaran bisa lebih menyenangkan, (b) Guru bertindak kreatif dalam menerapkan metode tanya jawab dengan memberikan reward berupa pujian, tepuk pujian maupun hadiah dari guru, (c) Guru bertindak kreatif memvariasikan metode tanya jawab dengan menggunakan media pendukung berupa peta konsep (mind map)

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: ANISA FADHILA 17205163187
Date Deposited: 09 Sep 2020 01:21
Last Modified: 09 Sep 2020 01:21
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/16121

Actions (login required)

View Item View Item