STRATEGI KOMUNIKASI GURU AQIDAH AKHLAK DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS SISWA DI MIN 5 TULUNGAGUNG

BELA AGUSTINA SAPUTRI, 17205163104 (2020) STRATEGI KOMUNIKASI GURU AQIDAH AKHLAK DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS SISWA DI MIN 5 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER .pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (502kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (155kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (670kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (712kB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (630kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (757kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (584kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (162kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (384kB)

Abstract

ABSTRAK ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Komunikasi Guru Aqidah Akhlak dalam Membentuk Karakter Religius Siswa di MIN 5 Tulungagung”, ini ditulis oleh Bela Agustina Saputri, NIM 17205163104, dibimbing oleh Drs. H. Timbul, M.Pd.I. Kata Kunci : Strategi Komunikasi, Karakter Religius Penelitian ini dilatar belakangi oleh perubahan zaman yang modern dengan semakin canggihnya teknologi, informasi dan komunikasi memiliki dampak positif dan negatif bagi penggunanya, terutama pada perilaku siswa MIN 5 Tulungagung dalam kehidupan sehari-hari yang secara tidak langsung dapat mempengaruhi karakter Religiusnya. Pembelajaran sebagai proses komunikasi yang dilakukan oleh guru aqidah akhlak (komunikator) dan siswa (komunikan) yang berlangsung di sekolah diharapkan dapat mengubah perilaku siswa. Maka guru aqidah akhlak harus memiliki berbagai strategi komunikasi dalam membentuk karakter religius siswa. Hal ini, peneliti menghubungkan bagaimana strategi komunikasi guru aqidah akhlak dalam membentuk karakter religius siswa di MIN 5 Tulungagung. Fokus Penelitian yang dikaji dalam skripsi ini adalah: (1) Bagaimana strategi komunikasi informatif guru aqidah akhlak dalam membentuk karakter religius siswa di MIN 5 Tulungagung ? (2) Bagaimana strategi komunikasi persuasif guru aqidah akhlak dalam membentuk karakter religius siswa di MIN 5 Tulungagung ? (3) Bagaimana strategi komunikasi instruktif/koersif guru aqidah akhlak dalam membentuk karakter religius siswa di MIN 5 Tulungagung ? Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan terkait strategi komunikasi informatif, persuasif, dan instuktif/koersif guru aqidah akhlak dalam membentuk karakter Religius siswa di MIN 5 Tulungagung. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif deskriptif, dengan jenis penelitian lapangan untuk menganalisis data-data berupa kalimat atau kata. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalaui observasi partisipan, wawancara semi terstruktur dan dokumentasi. Data analisis dengan pengumpulan data, berupa reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Dari hasil penelitian yang telah diperoleh di lapangan menyebutkan bahwa guru aqidah akhlak di MIN 5 Tulungagung memiliki strategi komunikasi yang beragam dalam membentuk karakter Religius siswa. Strategi komunikasi informatif guru aqidah akhlak dalam membentuk karakter Religisu Siswa di MIN 5 Tulungagung, berupa: (a) Guru aqidah akhlak menggunakan strategi memberi pesan/nasehat. (b) Guru aqidah akhlak menggunaakan strategi membimbing (c) Guru aqidah akhlak menggunakan berbagai metode dalam kegiatan pembelajaran, yaitu metode ceramah, mengajar melalui cerita, dan tanya jawab. (d) Komunikasi dengan menggunakan media. (e) Guru aqidah akhlak dan orang tua/wali siswa bekerja sama dalam menjalin komunikasi secara informatif terhadap siswa. (2) Strategi Komunikasi persuasif Guru Aqidah Akhlak dalam membentuk karakter Religius Siswa di MIN 5 Tulungagung, berupa: (a) Strategi pembiasaan ditanamkan sejak awal siswa masuk di MIN 5 Tulungagung. (b) Strategi keteladanan guru aqidah akhlak menjadi kunci dalam membentuk karakter religius di sekolah. (c) Strategi memberikan motivasi mendorong siswa melakukan sesuatu dan giat dalam belajar, (d) strategi memberi hadiah berupa pujian terhadap perilaku, perbuatan, dan kegiatan siswa. (3) Strategi Komunikasi Instruktif/Koersif Guru Aqidah Akhlak dalam Membentuk Karakter Religius Siswa di MIN 5 Tulungagung, berupa: (a) Strategi peraturan yang dsepakati guru aqidah akhlak dan siswa. (b) Strategi peringatan pada siswa yang melanggar peraturan. (c) Strategi hukuman untuk siswa yang melanggar peraturan berungkali.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: BELA AGUSTINA SAPUTRI 172051631 04
Date Deposited: 09 Sep 2020 02:41
Last Modified: 09 Sep 2020 02:41
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/16120

Actions (login required)

View Item View Item