STRATEGI GURU DALAM MEWUJUDKAN PEMBELAJARAN INTERAKTIF, INSPIRATIF, DAN MENYENANGKAN UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PAI PESERTA DIDIK (Studi Multisitus Di SMP Negeri 1 Gondang dan SMP Negeri 1 Kauman)

12506174037, Lailatul Mubarokah (2020) STRATEGI GURU DALAM MEWUJUDKAN PEMBELAJARAN INTERAKTIF, INSPIRATIF, DAN MENYENANGKAN UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PAI PESERTA DIDIK (Studi Multisitus Di SMP Negeri 1 Gondang dan SMP Negeri 1 Kauman). [ Thesis ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (295kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (167kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (349kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (428kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (252kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (424kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (173kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (10kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (214kB)

Abstract

ABSTRAK Tesis dengan judul “Strategi Guru dalam Mewujudkan Pembelajaran Interaktif Inspiratif dan Menyenangkan untuk Meningkatkan Prestasi Belajar PAI Peserta Didik (Studi Multi Situs di SMP Negeri 1 Gondang dan SMP Negeri 1 Kauman)” ini ditulis oleh Lailatul Mubarokah dengan dibimbing oleh Dr. Agus Purwowidodo, M.Pd dan Prof. Dr. H. Achmad Patoni, M.Ag Kata Kunci : Strategi Guru, Interaktif Inspiratif dan Menyenangkan, prestasi belajar peserta didik Penelitian dalam tesis ini dilatarbelakangi atas permasalahan pembelajaran PAI yang dinilai membosankan karena menggunakan metode tradisional sehingga materi PAI kurang dipahami dengan baik oleh peserta didik. PAI yang merupakan bagian dari pendidikan nasional hendaknya dilaksanakan sesuai dengan peraturan bahwa proses pembelajaran dilaksanakan secara interaktif, inspiratif, dan menyenangkan. Guru sebagai bagian utama dalam proses pembelajaran mempunyai peran penting dalam mewujudkan pembelajaran seperti yang diamanatkan Standar Nasional Pendidikan (SNP) tersebut. Oleh karena itu, dengan berusaha mewujudkan pembelajaran tersebut, guru diharapkan dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik terhadap materi PAI yang diberikan. Peneliti juga menemukan guru PAI yang telah berusaha mewujudkan hal tersebut diantaranya adalah guru PAI SMP Negeri 1 Gondang dan SMP Negeri 1 Kauman Penelitian ini berfokus pada cara yang dilakukan guru PAI dalam merencanakan pembelajaran, melaksanakan kegiatan belajar mengajar di kelas dan hasil pembelajaran tersebut untuk meningkatkan prestasi belajar peserta didik. Tujuan penelitian tersebut adalah: 1) Untuk mendeskripsikan cara guru PAI merencanakan pembelajaran interaktif inspiratif menyenangkan di SMP Negeri 1 Gondang dan SMP Negeri 1 Kauman. 2) Untuk mendeskripsikan cara guru PAI melaksanakan pembelajaran interaktif inspiratif dan menyenangkan di SMP Negeri 1 Gondang dan SMP Negeri 1 Kauman. 3) Untuk mendeskripsikan hasil pembelajaran interaktif inspiratif dan menyenangkan untuk meningkatkan prestasi belajar peserta didik di SMP Negeri 1 Gondang dan SMP Negeri 1 Kauman. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, dengan rancangan studi multi situs. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi partisiapan, wawancara mendalam dan dokumentasi. Keabsahan data diperoleh dengan teknik triangulasi. Model analisis data meliputi analisis masing-masing situs dan lintas situs. Hasil penelitian menunjukkan : (1) Cara guru PAI dalam merencanakan pembelajaran interaktif inspiratif dan menyenangkan di SMP Negeri 1 Gondang dan SMP Negeri 1 Kauman adalah menyusun rancangan pelaksanaan kegiatan belajar mengajar. Dalam hal ini guru membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), mempelajari materi kemudian mengembangkannya, menyiapkan media pembelajaran yang tepat untuk mencapai tujuan pembelajarandan menerapkan strategi dalam kegiatan belajar mengajar. Keseluruhan hal tersebut dibuat dengan mempertimbangkan kondisi peserta didik. (2) Cara guru PAI melaksanakan pembelajaran interaktif inspiratif dan menyenangkan untuk meningkatkan prestasi peserta didik pada materi PAI di SMP Negeri 1 Gondang dan SMP Negeri 1 Kauman adalah melaksanakan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang telah disusun, memberikan informasi mengenai tujuan pembelajaran, memberikan motivasi kepada peserta didik sehingga menggugah rasa ingin tahu peserta didik, membuat peserta didik merasa tertantang untuk terus belajar serta dapat menimbulkan rasa senang mengikuti kegiatan belajar mengajar melalui penggunaan metode dan media pembelajaran yang beragam, serta mengadakan penilaian atau evaluasi secara berkesinambungan. (3) Cara yang dilakukan oleh guru Pendidikan Agama Islam ternyata memberikan hasil yang cukup signifikan dalam meningkatkan prestasi peserta didik khususnya dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Ha ini bisa dilihat dari daftar kumpulan nilai yang terdiri dari penilaian KI-3 yakni pengetahuan dan K-I 4 yakni keterampilan yang menunjukkan nilai yang cukup baik. Selain itu, prestasi non akademik di bidang keagamaan juga cukup memuaskan yakni meraih juara adzan, MTQ, tahfidz dan fashion show islami.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Lailatul Mubarokah 12506174037
Date Deposited: 24 Aug 2020 06:39
Last Modified: 24 Aug 2020 06:39
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/16115

Actions (login required)

View Item View Item