PENGARUH METODE OUTDOOR LEARNING TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TEMA LINGKUNGANKU KELAS II DI MI NEGERI 11 BLITAR

ARI SRI RAHAYU, 17205163272 (2020) PENGARUH METODE OUTDOOR LEARNING TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TEMA LINGKUNGANKU KELAS II DI MI NEGERI 11 BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (238kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (489kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (95kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (423kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (322kB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (280kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (536kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (341kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (96kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (299kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi yang berjudul “Pengaruh Metode Outdoor Learning Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik Tema Lingkunganku Kelas II di MI Negeri 11 Blitar” ini ditulis oleh Ari Sri Rahayu, NIM. 17205163272, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), IAIN Tulungagung, yang dibimbing oleh Dr. Agus Purwowidodo, M.Pd. Kata Kunci: Metode Outdoor Learning, Motivasi dan Hasil Belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya motivasi peserta didik saat mengikuti kegiatan pembelajaran dan hasil belajar peserta didik yang masih banyak yang rendah. Hal ini disebabkan oleh penggunaan metode pembelajaran yang masih konvensional dan cenderung membosankan. Dalam kegiatan pembelajaran masih berpusat pada guru. Sehingga proses pembelajaran cenderung kaku, dan tidak komunikatif. Salah satu cara untuk membuat peserta didik lebih tertarik dalam pembelajaran khususnya tema lingkunganku adalah menggunakan metode outdoor learning melalui metode ini diharapkan peserta didik dapat termotivasi dalam proses pembelajaran dan mencapai hasil belajar di atas rata rata. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (a) Apakah ada pengaruh metode outdoor learning terhadap motivasi siswa pada pembelajaran tematik tema lingkunganku kelas II di MI Negeri 11 Blitar? (b) Apakah ada pengaruh metode outdoor learning terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik tema lingkunganku kelas II di MI Negeri 11 Blitar? (c) Apakah ada pengaruh secara bersama antara metode outdoor learning terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik tema lingkunganku kelas II di MI Negeri 11 Blitar? Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah (a) Untuk mengetahui pengaruh metode outdoor learning terhadap motivasi siswa pada pembelajaran tematik tema lingkunganku kelas II di MI Negeri 11 Blitar. (b) Untuk mengetahui pengaruh metode outdoor learning terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik tema lingkunganku kelas II di MI Negeri 11 Blitar. (c) Untuk mengetahui pengaruh metode outdoor learning terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik tema lingkunganku kelas II di MI Negeri 11 Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan penelitian eksperimen semu. Sampel penelitian ini berjumlah 60 siswa. Dengan rincian kelas IIA berjumlah 30 siswa dan kelas IIB berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan datanya menggunakan angket, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah manova yang sebelumnya diuji prasyarat yaitu dengan normalitas dan homogenitas.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) ada pengaruh yang signifikan metode outdoor learning terhadap motivasi siswa pada pembelajaran tematik tema lingkunganku kelas II di MI Negeri 11 Blitar. Hal ini berdasarkan perhitungan uji manova untuk motivasi belajar mata pembelajaran tematik diperoleh nilai Sig.(2-tailed) 0,004 < 0,05, yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima, (2) ada pengaruh yang signifikan metode outdoor learning terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik tema lingkunganku kelas II di MI Negeri 11 Blitar. Hal ini berdasarkan perhitungan uji manova untuk hasil belajar mata pelajaran tematik diperoleh nilai Sig.(2-tailed) 0,003 < 0,05. Sehingga H0 ditolak dan Ha diterima, (3) ada pengaruh yang signifikan metode outdoor learning terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik tema lingkunganku kelas II di MI Negeri 11 Blitar. Hal ini berdasarkan perhitungan uji manova untuk motivasi dan hasil belajar diperoleh nilai keempat p-value(sig) sebesar 0,000. 0,000 < 0,05 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: ARI SRI RAHAYU 17205163272
Date Deposited: 24 Aug 2020 03:04
Last Modified: 07 May 2021 03:37
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/16112

Actions (login required)

View Item View Item